Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Para Nabi yang Namanya Diabadikan sebagai Surat Alquran  

Selasa 12 Jan 2021 05:55 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat nama Alquran yang diduplikasi dari nama para nabi. Ilustrasi Alquran

Terdapat nama Alquran yang diduplikasi dari nama para nabi. Ilustrasi Alquran

Foto: pxhere
Terdapat nama Alquran yang diduplikasi dari nama para nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Dalam Alquran, terdapat beberapa nama surat yang diambil dari nama-nama para nabi dan rasul. Surat tersebut mempunyai latar belakang, kandungan, dan pesan yang beragam. 

Republika.co.id, mengumpulkan sejumlah nama surat Alquran yang diambil dari nama para nabi sebagai berikut: 

Pertama, surat Muhammad. Surat ke -47 ini merupakan surat Madaniyah atau surat yang turun di Madinah dan terdiri dari 38 ayat. Seperti judulnya, surat ini berisi kisah kehidupan dan perjuangan Rasulullah SAW dalam berdakwah dan menyebarkan Islam.

Baca Juga

Surat ini dinamakan juga dengan Al-Qital yang berarti Peperangan, karena sebagian besar surat ini mengutarakan tentang peperangan dan pokok-pokok hukumnya, serta bagaimana seharusnya sikap orang-orang mukmin terhadap orang-orang kafir. 

Kedua, surat Nuh. Seperti namanya, surat Nuh juga banyak mengandung cerita tentang perjuangan, cara berdakwah serta doa yang biasa dipanjatkan Nabi Nuh bagi kaumnya yang durhaka.

Surat ke 71 yang turun di Makkah (Makkiyah) ini, meski hanya terdiri dari 28 ayat, namun mampu menggambarkan cukup jelas sepak terjang Nabi Nuh dalam menyebarkan agama Allah SWT. 

Ketiga, surat Ibrahim. Surat ke-14 ini terdiri dari 52 ayat dan termasuk dalam surat makiyah (turun di Makkah). Selain menceritakan kisah Nabi Ibrahim, surat ini juga mengutip doa yang selalu dipanjatkan Nabi Ibrahim, ayat 35-40. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA