Selasa 12 Jan 2021 02:45 WIB

7 Ritual Pagi Bantu Memulai Hari Kerja dari Rumah

Pagi adalah waktu terbaik melakukan sesuatu yang menentukan suasana hari itu

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Gita Amanda
Tujuh ritual pagi bantu memulai hari kerja dari rumah.
Foto: Health
Tujuh ritual pagi bantu memulai hari kerja dari rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELhI -- Sejak pandemi Covid-19 mengubah cara kita menjalani hidup, sejumlah hal menjadi kebiasaan baru. Mengenakan masker, menjaga jarak aman dari orang-orang di depan umum, menghindari area keramaian, kelas daring, dan bekerja dari rumah telah menjadi beberapa cara mengekang penyebaran virus dan menjaga diri tetap aman.

Namun, menyesuaikan diri dengan cara hidup ini bukanlah hal mudah. Beberapa orang awalnya menikmati, tapi sebagian besar lainnya sekarang menjadi gelisah dan khawatir tentang efek buruk dari praktik itu.

Karena pagi adalah waktu terbaik melakukan sesuatu yang menentukan suasana hari itu, berikut adalah tujuh ritual pagi yang dapat Anda lakukan, terutama jika bekerja dari rumah. Dilansir Times Now News pada Senin (11/1), rutinitas itu akan membantu Anda memulai hari, meningkatkan energi, dan tetap sehat secara keseluruhan.

1 Detoksifikasi digital

Kita semua pasti setuju bahwa bekerja dari rumah membuat lebih sering menatap layar. Bahkan saat kita tidak bekerja, kita tetap khawatir dengan surel kantor, panggilan, pesan, atau bahkan berita tentang Covid-19.  Karena itu, ritual pagi yang sangat efektif adalah melakukan detoksifikasi digital setidaknya selama satu jam setelah bangun tidur. Jangan melihat ponsel setelah Anda bangun. Sebaliknya, habiskan waktu di alam terbuka, berjalan-jalan, mendengarkan musik, membaca buku, atau sekadar menikmati kesendirian.

2 Latihan pernapasan

Latihan pernapasan adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda. Aktivitas itu membantu Anda secara mental dan fisik. Tarik napas panjang, atau ikuti cara yoga dan latih beberapa pranayama. Latihan ini adalah cara yang bagus untuk merasa energik dan siap menjalani hari.

3 Jurnal

Banyak orang membuat jurnal menjelang akhir hari. Namun, membuat jurnal di pagi hari juga dapat membantu dalam banyak hal. Bagaimana suasana hati Anda saat bangun hari ini? Apa rencana Anda hari ini? Bagaimana Anda ingin hari ini berlalu? Beberapa pertanyaan yang dapat Anda jawab sebagai jurnal pemikiran setiap pagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement