Senin 11 Jan 2021 21:53 WIB

Enam Daerah di Lampung Zona Merah Covid-19

Enam dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung berstatus zona merah Covid-19.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi.
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Enam dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung berstatus zona merah Covid-19 pada Senin (11/1). Keenamnya adalah Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Tanggamus.  Sisanya berstatus zona oranye (risiko kenaikan kasus sedang).

Menurut data Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung terdapat penambahan 135 kasus positif Covid-19 pada Senin ini. Sehingga, total pasien positif sejauh ini 7.363 orang.

Sementara pasien selesai isolasi atau sembuh bertambah 57 menjadi total 5.467 orang, dan pasien meninggal dunia bertambah satu orang sehingga totalnya menjadi 383 orang.

Menanggapi peningkatan jumlah kasus positif Covid-19, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memerintakan satgas memantau tempat-tempat yang tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat atau lalai. Kalau ada, langsung dilaporkan. “Kalau memang ada yang tidak terapkan protokol kesehatan, akan dicabut izinnya,” kata Arinal, Senin (11/1).

Menurut dia, Provinsi Lampung daerah terbuka. Dapat dilintasi dan dilalui orang baik lewat jalur darat, laut, dan udara. Selain itu, Lampung juga dikelilingi daerah sekitar yang sudah berstatus zona merah Covid-19.

Sebagai antisipasi, dia mengatakan, butuh kesadaran dari masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan. Terutama 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, atau menghindari kerumunan. “Tidak perlu lagi dipaksa, atau ada petugas baru mau pakai masker. Kesadaran masyarakat diperlukan agar kasus Covid-19 menurun,” ujarnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Lampung dr Reihana, yang juga kepala Dinas Kesehatan Lampung mengatakan, penambahan 135 kasus konfirmasi positif pada Senin ini berasal dari sejumlah daerah.

Di antaranya, Kota Bandar Lampung 30 orang, Kota Metro 26 orang, Tanggamus 20 orang. Lalu dari Pringsewu dan Lampung Selatan masing-masing 15 orang, Lampung Utara 13 orang, Lampung Tengah 7 orang, Lampung Timur 5 orang, Pesawaran 2 orang, dan Tulangbawang 1 orang.

“Dari 135 kasus konfirmasi positif terdiri dari kasus baru 92 orang, hasil tracing 43 orang, pasien isolasi mandiri 99 orang, dan pasien dirawat 36 orang,” kata Reihana dalam keterangan persnya di Bandar Lampung, Senin malam.

Menurut dia, sampai 10 Januari 2021, jumlah dan hasil uji spesimen Covid-19 di Lampung total 53.611 spesimen, yang menghasilkan positif 14.227 spesimen. Sedangkan yang diswab 24.369 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement