Senin 11 Jan 2021 21:10 WIB

Bengkulu Siapkan 352 Faskes untuk Vaksinasi Covid-19

Penyuntikan vaksin Covid-19 di Bengkulu ditetapkan Kamis mendatang.

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiapkan 352 fasilitas kesehatan (faskes) untuk melayani penyuntikan vaksin Covid-19 di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, Senin (11/1),menjelaskan faskes yang ditetapkan tersebut telah memenuhi syarat. Yaitu memiliki tenaga kesehatan yang telah dilatih atau vaksinator dan memiliki cold chain (penyimpan pendingin).

Faskes yang dipersiapkan mulai dari rumah sakit milik pemerintah, rumah sakit swasta, dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di tingkat kecamatan

"Sejak awal seluruh faskes telah disiapkan untuk melaksanakan vaksinasi sehingga sarana dan prasaran juga sudah disiapkan," kata Herwan di Bengkulu.

Penyuntikan vaksin Covid-19 di Bengkulu akan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan pemerintah pusat yaitu Kamis (14/01) mendatang.

Nantinya, kata dia, Gubernur Bengkulu akan menjadi orang pertama disuntik vaksin Covid-19. Kemudian disusul Wakil Gubernur, Kapolda Bengkulu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, dan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Bengkulu telah menerima sebanyak 20.280 dosis vaksin CoronaVac produksi perusahaan Sinovac.

Untuk tahap pertama, vaksinasi akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan yang menangani kasus Covid-19.

Nanti, setiap tenaga kesehatan akan mendapat dua dosis vaksin dengan aturan satu dosis pertama disuntikkan pada 14 Januari sedangkan dosis kedua akan disuntikkan pada 14 hari sesudahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement