Selasa 12 Jan 2021 05:29 WIB

Islam Anjurkan Perempuan Tampil Indah

Islam menganjurkan perempuan untuk berdandan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Islam Anjurkan Perempuan Tampil Indah. Model mengenakan busana koleksi brand AISAA pada fashion show di Jakarta.
Foto: Republika/Prayogi
Islam Anjurkan Perempuan Tampil Indah. Model mengenakan busana koleksi brand AISAA pada fashion show di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agama Islam menganjurkan untuk memadukan keindahan jasmani dengan keindahan rohani. Tuntunan tersebut berkaitan dengan inner beauty, yaitu keindahan yang bersumber dari dalam diri seseorang.

Sebab, kecantikan wajah atau fisik hanya menyenangkan mata, sedangakan kecantikan dari dalam akan memikat hati. Salah satu bukti perlunya gabungan kedua keindahan itu adalah Allah memerintahkan manusia untuk tampil indah, bahkan ketika menghadap Allah di masjid.

Baca Juga

Allah berfirman dalam surat Al-A’raf ayat 31

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ ࣖ

 

Yā banī ādama khużụ zīnatakum 'inda kulli masjidiw wa kulụ wasyrabụ wa lā tusrifụ, innahụ lā yuḥibbul-musrifīn.

“Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

Pakar Tafsir Alquran asal Indonesia, Prof. M. Quraish Shihab menjelaskan dalam bukunya, Perempuan, maksud dari kata masjid dalam ayat di atas ada dua. Pertama, masjid dapat diartikan bangunan khusus untuk ritual beribadah.

Kedua, masjid bisa diartikan dalam pengertian luas, yakni tempat yang ada di bumi. Kedua keindahan luar dan dalam itu harus terpadu. Jangan salah satunya dikorbankan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement