Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

6 Tanaman Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Selasa 12 Jan 2021 00:55 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Tidak hanya musik relaksasi dan aroma therapy yang bisa membantu tidur lebih nyenyak (Foto: ilustrasi)

Tidak hanya musik relaksasi dan aroma therapy yang bisa membantu tidur lebih nyenyak (Foto: ilustrasi)

Foto: Needpix
Tidak hanya musik relaksasi dan aroma therapy yang bisa membantu tidur lebih nyenyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya musik relaksasi dan aroma therapy yang bisa membantu tidur lebih nyenyak. Mempercantik kamar tidur dengan jenis tanaman tertentu juga akan sangat membantu seseorang memiliki tidur berkualitas.

Tanaman bisa menjernihkan udara dengan menyerap racun di kamar. Manfaat ini telah dibuktikan oleh ilmuwan dari NASA yang meneliti bahwa tanaman tertentu meminimalisasi kandungan beracun seperti formaldehyde, ammonia, xylene, dan benzene.

Fungsi lain merawat tanaman di kamar adalah menciptakan lingkungan tidur yang lebih tenang, belum lagi sifat alaminya menyimpan karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Berikut enam tanaman yang bisa membantu tidur lebih nyenyak, dikutip dari laman Hunker, Senin (11/1).

Baca Juga

 

1. Sansevieria

Spesies asal daerah panas di Afrika, Asia, dan Eropa ini dikenal juga dengan nama tanaman ular atau lidah ibu mertua. Bentuk daunnya meliuk seperti ular, panjang serta meruncing di bagian atas. Sansevieria sangat bisa diandalkan untuk pembersih udara.

Tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan khusus. Cukup disiram sesekali dan akan baik-baik saja jika dibiarkan di ruangan dengan cahaya redup. Jangan menyirami tanaman ini secara berlebihan, namun pastikan tanahnya mudah menyalurkan air.

 

2. Peace Lily

Peace lily (Spathiphyllium) efektif menyaring racun di udara, selain mampu menambah kelembapan udara, serta mampu menekan spora jamur dan mikroba udara penyebab alergi. Dengan memiliki peace lily di kamar, tak akan lagi terbangun di malam hari karena batuk.

Bagi yang ingin merawat tanaman ini di rumah, tempatkan di lokasi dengan sedikit cahaya. Peace lily menyukai suhu yang stabil dan hangat, jadi jauhkan dari angin dingin. Sirami sekali sepekan atau 10 hari sekali sudah cukup.

 

3. Valerian

Akar dari valerian (Valeriana officinalis) biasanya dikeringkan untuk membuat suplemen obat penangkal gangguan tidur dan insomnia. Menurut studi, bunga valerian mengandung lebih dari 150 bahan kimia yang bisa menenangkan saraf.

Untuk perawatannya, pastikan pot valerian memiliki lubang drainase yang baik. Valerian butuh disirami tiap pekan dan menyukai sinar matahari. Jika tidak ada jendela dengan siraman matahari langsung, cahaya dari lampu bisa menggantikannya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA