Senin 11 Jan 2021 20:50 WIB

Ronaldo Samai Rekor Josef Bican

Ronaldo mencetak 759 gol dalam kariernya

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Pemai Juventus Cristiano Ronaldo merayakan gol ketiga timnya dalam pertandingan sepak bola Serie A Italia Juventus FC vs US Sassuolo Calcio di Allianz Stadium di Turin, Italia, Senin (11/1) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Pemai Juventus Cristiano Ronaldo merayakan gol ketiga timnya dalam pertandingan sepak bola Serie A Italia Juventus FC vs US Sassuolo Calcio di Allianz Stadium di Turin, Italia, Senin (11/1) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Bintang Juventus Cristiano Ronaldo menyamai rekor pemain Internasional Republik Ceko, Josef Bican dalam jumlah gol untuk klub dan negara.

Dikutip dari Football Italia, Senin (11/1), Ronaldo mencetak 759 gol dalam kariernya dan terakhir dia lesakkan ketika mengalahkan Sassuolo 3-1 dalam pertandingan Serie A Italia, Senin dini hari WIB.

Mantan pemain Real Madrid tersebut membutuhkan satu gol lagi untuk menjadi pencetak gol terbaik dalam sejarah sepakbola. Bican sendiri merupakan striker asal Ceko dan bermain untuk Rapid Wien, Admira, Slavia Prague dan Dynamo Prague antara tahun 1931 dan 1955.

Ronaldo juga baru saja melewatu rekor legenda Brazil Pele. Pele sendiri mencatatkan jumlah gol sebanyak 757 gol. Namun Pele menegaskan Ronaldo belum memecahkan rekor pribadinya diklaim sebanyak 1.283 gol berdasarkan penghitungan yang diperbaharui.

Ronaldo merupakan pesepakbola yang mendominasi daftar pencetak gol lebih dari satu dekade terakhir. Disamping kecepatannya dan lihat dalam mengolah si kulit bundar, Ronaldo juga tajam dalam menjebol gawang lawan.

Ronaldo ditemukan mantan pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson di Sporting Lisbon. Dikutip dari transfermark, pemain 35 tahun itu mulai dikenal di seluruh dunia atas aksinya bersama MU sejak 2003 hingga 2009. Ia menjadi senjata utama Ferguson saat itu.

Pada 2009, klub raksasa Spanyol Real Madrid membelinya sebelum pindah ke Juventus pada 2018. Bersama MU, ia tampil sebanyak 292 gol dan mencetak 118 gol serta 68 assist. Sedangkan dengan Real Madrid ia mencatatkan 438 penampilan dengan 450 gol dan 132 assist.

Ronaldo kemudian pindah ke Juventus dan kini telah mencatatkan 106 penampilan dengan jumlah 84 gol dan 20 assist.  Ia mempersembahkan banyak gelar untuk klub yang dibelanya.

Bersama MU ia mempersembahkan tiga gelar Liga Inggris, satu Piala FA, dua gelar Piala Carling, dua tropi English Super Cup, satu tropi Liga Champions dan satu gelar Piala Dunia antar klub.

Di Real Madrid empat gelar Liga Champions, dua tropi La Liga, , dua Copa del Rey, dua Piala Super Spanyol, tiga gelar Piala Dunia antar klub, tiga gelar Piala Super Eropa. Bersama Juventus dua gelar Scudetto, satu gelar Copa Italia, dan satu Piala Super Italia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement