Senin 11 Jan 2021 18:48 WIB

Guru Besar UNS Dilantik Jadi Rektor Universitas Muria Kudus

Meskipun sebagai Rektor UMK, namun Darsono tetap menjadi pengajar di UNS.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi
Suasana salah satu gedung Universitas Muria Kudus (UMK) di Gondangmanis, Kudus, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.
Foto: Antara/Yusuf Nugroho
Suasana salah satu gedung Universitas Muria Kudus (UMK) di Gondangmanis, Kudus, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Guru Besar Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Darsono, terpilih menjadi Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) periode 2021-2025. Darsono yang pernah menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS periode 2015-2019 tersebut dilantik menjadi Rektor UMK pada Sabtu (9/1).

Darsono mengatakan, amanah baru tersebut merupakan tantangan baginya pada 2021.

"Tugas tambahan sebagai Rektor UMK periode 2021-2025 adalah kesempatan sekaligus tantangan bagi saya dan UNS sebagai PTN BH untuk menebar kebaikan, turut memajukan pendidikan dan peradaban bangsa dalam skala yang lebih luas. Parameternya adalah semakin majunya UMK," kata Darsono seperti tertulis dalam siaran pers, Ahad (10/1).

Meski memiliki jabatan baru sebagai Rektor UMK, namun Darsono tetap menjadi pengajar di UNS. "Jadi nanti masih mengajar di UNS. Mohon doa restunya, semoga diberi kemudahan dalam mengemban amanah baru ini," imbuh Darsono.

Sementara itu, Ketua Senat Akademik UNS, Adi Sulistiyono membenarkan jika salah satu dosen terbaik UNS yaitu Darsono terpilih sebagai Rektor UMK.

"Alhamdulillah, saya selaku Ketua Senat Akademik UNS ikut bangga terpilihnya Prof Darsono sebagai Rektor UMK. Semoga beliau bisa mendarmabaktikan ilmu pengetahuannya untuk menjadi Rektor UMK. Di tangan Prof Darsono, semoga bisa menjadikan UMK meningkat prestasi perangkingannya di tingkat nasional dan semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat," terang Adi.

Sedangkan Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengaku senang dan ikut bangga atas dilantiknya Darsono sebagai Rektor UMK. Dari UNS memang memberikan rekomendasi kepada Darsono saat melakukan pendaftaran sebagai calon Rektor UMK.

"Saya mewakili sivitas akademika UNS mengucapkan selamat kepada Prof Darsono atas amanah barunya sebagai Rektor di UMK," ucap Jamal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement