Senin 11 Jan 2021 22:15 WIB

Mana Lebih Tampan, Nabi Muhammad atau Nabi Yusuf?

Beberapa pertanyaan tentang mana lebih tampan Nabi Muhammad atau Nabi Yusuf.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Mana Lebih Tampan, Nabi Muhammad atau Nabi Yusuf?. Foto: Ilustrasi Nabi Muhammad SAW
Foto: MGROL100
Mana Lebih Tampan, Nabi Muhammad atau Nabi Yusuf?. Foto: Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Yusuf memiliki paras tampan yang membuat para wanita saat itu terpesona saat melihatnya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT, "Tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum dengan keelokan wajahnya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata, 'Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.'" (QS. Yusuf: 31).

Lalu apakah Nabi Yusuf lebih tampan dari Nabi Muhammad? Kalangan ulama sendiri berbeda pendapat dengan dalil yang mendasarinya. Dalil yang menyebut Nabi Yusuf lebih tampan, yaitu hadits berikut: "Yusuf diberi setengah ketampanan." (HR. Ahmad 14050, dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Baca Juga

Nabi Muhammad SAW pun pernah memberikan tanggapan soal ketampanan Nabi Yusuf saat melakukan Isra Miraj, tepatnya di langit ketiga. Dalam hadits riwayat Muslim, Nabi SAW berkata, "Di sana saya bertemu Yusuf, ternyata beliau diberi setengah ketampanan.

Atas hadits itu, Ibnul Qoyim memaparkan bahwa ketampanan Nabi Yusuf adalah setengah ketampanan dari semua manusia. Sedangkan setengahnya lagi terbagi ke semua manusia lainnya. Sementara Ibnu Katsir berpendapat, maksud dari 'Yusuf memiliki setengah ketampanan seluruh manusia', adalah setengah ketampanan Nabi Adam.

 

Dalil lain menyebutkan Nabi Muhammad SAW adalah manusia dengan wajah yang paling tampan. Sebagian ulama berpendapat bahwa maksud dari 'Yusuf punya setengah ketampanan seluruh manusia' ialah setelah ketampanan dari Nabi Muhammad SAW. Karena itu, yang paling tampan adalah Nabi Muhammad dan ketampanan Nabi Yusuf adalah setengahnya.

Pendapat tersebut, sebagaimana dijelaskan Ibnul Qoyyim, didasarkan pada hadits riwayat Turmudzi dari Qatadah, dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu. "Tidaklah Allah mengutus Nabi, kecuali berwajah tampan, dan suaranya bagus. Dan Nabi kalian shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling tampan wajahnya dan paling indah suaranya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement