Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Revisi UU Pemilu Masih Diharmonisasi di Baleg

Senin 11 Jan 2021 16:55 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus Yulianto

Saan Mustopa.

Saan Mustopa.

Foto: Dok Pribadi
Ada enam poin krusial dalam revisi UU Pemilu yang akan menjadi pembahasan intensif. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Revisi Undang-Undang (UU) Pemilu menjadi salah satu agenda krusial di tahun 2021. Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa mengatakan, bahwa saat ini naskah revisi UU Pemilu masih dalam proses harmonisasi di badan legislasi (Baleg) DPR. 

Saan mengklaim, sudah ada kesepakatan bahwa RUU tersebut akan dibahas di Baleg. Komisi II menyerahkan sepenuhnya agar revisi UU Pemilu dibahas di panitia kerja (panja) yang dibentuk Baleg. "Iya, sudah ada kesepakatan,"  ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua Baleg DPR Willy Aditya membenarkan, bahwa revisi UU Pemilu masih dalam proses harmonisasi di Baleg. Namun, dia membantah, sudah ada titik terang di mana revisi UU tersebut akan dibahas. "Nanti tergantung rapim bamus (rapat pimpinan badan musyawarah)," ucapnya.

Politikus Partai Nasdem tersebut mengatakan, proses yang berjalan di baleg saat ini baru pada tahapan harmonisasi dan pembukaan. Setelah itu, baru akan diserahkan ke paripurna sebagai inisiatif DPR.

"Kalau sudah putus nanti dikirim ke presiden, baru kalau sudah ada surpres dan DIM pemerintah akan dibahas dimananya diputuskan bamus. "Insya Allah 2021 selesai," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA