Senin 11 Jan 2021 14:40 WIB

Kriket Australia Selidiki Rasisme Atas Atlet India

Atlet India mendengar ujaran rasis saat bermain di Sydney Cricket Ground

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Christiyaningsih
Pemain kriket. Atlet India mendengar ujaran rasis saat bermain di Sydney Cricket Ground. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE / JAIPAL SINGH
Pemain kriket. Atlet India mendengar ujaran rasis saat bermain di Sydney Cricket Ground. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Kriket Australia meminta maaf kepada tim India pada Ahad (10/6) dan meluncurkan penyelidikan atas tuduhan para pemain yang berkunjung menjadi sasaran pelecehan rasial oleh beberapa penggemar di kerumunan selama Tes ketiga di Sydney Cricket Ground.

Tim India mengajukan pengaduan resmi setelah bermain pada Sabtu (9/1). Pemain dengan posisi bowler Jasprit Bumrah dan Mohammed Siraj mengeluh mendengar ejekan rasis saat melakukan lemparan di dekat tali batas.

Baca Juga

Pada Ahad (10/1), Siraj mendekati wasit sambil menunjuk ke arah tribun dan aksi dihentikan sementara polisi mengeluarkan sekelompok kecil penggemar dari lapangan. Kriket Australia meluncurkan penyelidikan paralel dengan Kepolisian New South Wales berjanji untuk mengambil tindakan terkuat terhadap siapa pun yang terbukti bersalah.

"Sangat disesalkan bahwa pertandingan uji coba yang sangat baik yang diperebutkan dengan semangat yang luar biasa oleh dua rival persahabatan telah ternoda oleh tindakan sejumlah kecil penonton selama dua hari terakhir," kata Kepala Integritas dan Keamanan Sean Carroll dilansir Aljazirah, Ahad (10/1).

"Sebagai tuan rumah, kami sekali lagi meminta maaf kepada tim India," tambah pernyataan tersebut.

Venues New South Wales, yang mengoperasikan stadion, mengatakan rekaman kamera keamanan sedang ditinjau untuk membantu penyelidikan. Setiap penggemar yang diidentifikasi terlibat dalam pelecehan rasial akan dilarang dari Sydney Cricket Ground dan stadion besar lainnya di Sydney.

Kapten reguler India Virat Kohli didenda setengah dari biaya pertandingannya pada 2012 karena menanggapi pelecehan dari penonton Sydney Cricket Ground dengan memberi isyarat kepada mereka dengan jari tengahnya. Kohli, yang kembali ke rumah setelah bermain pada tes pertama untuk menghadiri kelahiran anak pertamanya, mengatakan pelecehan rasial sama sekali tidak dapat diterima.

"Sangat menyedihkan melihat ini terjadi di lapangan. Insiden tersebut perlu dilihat dengan sangat mendesak dan serius dan tindakan tegas terhadap pelanggar harus mengatur semuanya dengan lurus sekali," kata Kohli di Twitter.

Petenis India Ravichandran Ashwin mengatakan tim tersebut telah dihina oleh penonton Sydney di masa lalu. Namun pelecehan rasial telah melewati batas selama pertandingan yang berlanjut, yang dimainkan di depan kurang dari 10 ribu penonton.

"Itu pasti tidak dapat diterima di zaman sekarang ini. Ini pasti harus ditangani dengan tangan besi dan kita harus memastikan itu tidak terjadi lagi," kata pemain bowling itu.

Menurut kebijakan anti-diskriminasi Dewan Kriket Internasional, Kriket Australia bertanggung jawab untuk menyelidiki insiden tersebut dan menyerahkan laporan kepada badan pengatur global dalam waktu dua pekan. Seorang pria dilarang menghadiri pertandingan kriket di Selandia Baru selama dua tahun setelah dinyatakan bersalah menyalahgunakan fast bowler Inggris Jofra Archer selama tur 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement