Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

KoinWorks Bidik Pembiayaan E-commerce Naik Tiga Kali Lipat

Senin 11 Jan 2021 13:22 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

Co-founder Koinworks Benedicto Haryono

Co-founder Koinworks Benedicto Haryono

Foto: Dailysocial
Permintaan pinjaman dari e-commerce meningkat hingga 52 persen setiap harbolnas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Penyelenggara fintech P2P lending Koinworks melalui brand KoinP2P membidik penyaluran pembiayaan ke merchant e-commerce bisa naik tiga kali lipat sepanjang 2021. Perusahaan optimistis mencapai target tersebut seiring kebutuhan pemenuhan stok barang segmen tersebut. 

CEO & Co Founder KoinWorks Benedicto Haryono mengatakan perusahaan berupaya memenuhi kebutuhan ratusan ribu merchant e-commerce melalui KoinP2P. Pihaknya pun percaya pembiayaan terhadap segmen tersebut dan segmen lainnya yang dilayani KoinP2P memiliki performa yang positif pada tahun ini. 

“Pada 2021 KoinWorks juga berencana untuk mengeratkan kerja sama dan menargetkan pertumbuhan penyaluran pinjaman kepada UKM merchant e-commerce hingga tiga kali lipat. Harapannya melalui penyaluran pendanaan tersebut, UKM Indonesia dapat lebih cepat dan leluasa dalam mengembangkan usahanya pada 2021,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (11/1).

Baca Juga

Benedicto menerangkan, segmen peminjam dari merchant/online seller e-commerce merupakan salah satu spesialisasi KoinP2P, sekitar 70 persen dari 172.000 borrowers merupakan UKM Digital segmen tersebut. Meskipun memang secara porsi angka penyaluran, segmen itu mengambil sekitar 15 persen dari total penyaluran. 

“Karena nominal pinjaman yang diajukan biasanya lebih kecil dibandingkan dengan segmen kategori UKM atau bisnis skala besar. Angka tersebut tentunya masih dapat membuktikan bagaimana bahkan masa pandemi, UKM segmen e-commerce masih dapat memperoleh alternatif pendanaan yang mudah melalui pendanaan KoinBisnis di platform KoinWorks," ucap dia. 

Dia mengemukakan, sehatnya performa UKM segmen e-commerce juga dapat dilihat dari peningkatan permintaan pinjaman yang selalu tercatat naik hingga 52 persen setiap mendekati tanggal-tanggal perayaan atau big campaign tertentu, seperti harbolnas. Hal itu khususnya untuk memenuhi kebutuhan bisnis UKM seperti keperluan stok barang. 

Benedicto menuturkan, KoinWorks melalui KoinP2P menjalin kerja sama penyaluran pembiayaan kepada merchant/online seller dari puluhan e-commerce besar & skala yang lebih kecil di Indonesia. KoinWorks memanfaatkan sistem credit scoring yang mengkombinasikan antara proses penilaian kredit perbankan tradisional dengan data digital footprint dari setiap calon borrowers dari seller e-commerce, untuk menghasilkan penilaian kredit yang sesuai serta menjaga kualitas pinjaman untuk didanai oleh ratusan ribu pendana retail & institusi. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA