Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Airlangga Instruksikan Kader Golkar Ikut Kawal Vaksinasi

Senin 11 Jan 2021 10:49 WIB

Red: Agus raharjo

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto

Foto: Istimewa
Golkar menyiapkan program Yellow Clinic untuk membantu masyarakat tes Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan kepada seluruh kader partai untuk ikut mengawal program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah. Instruksi tersebut disampaikan kepada seluruh pengurus daerah Partai Golkar saat rapat koordinasi pada Ahad (10/1) malam.

"Saya meminta kepada pimpinan DPD Golkar di daerahnya masing-masing untuk mengawal program pemerintah ini,” kata Airlangga dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Senin (11/1).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini juga meminta kader partainya bisa menjadi panutan dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Ia menegaskan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah memberikan sertifikasi halal terhadap hasil uji vaksin.

Saat ini pemerintah masih menunggu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengeluarkan Emergency Use Authorizaton (EUA) vaksin Covid-19. Setelah EUA dari BPOM keluar rencananya pemerintah akan mulai melakukan vaksinasi nasional pertengahan Januari ini.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini menambahkan, pemerintah optimistis vaksinasi nasional yang dibarengi PSBB maupun PPKM mampu mengatasi pandemi Covid-19. Dengan catatan, seluruh kebijakan pemerintah tersebut ditaati masyarakat dengan disiplin.

"Kedisiplinan masyarakat ini, terutama PPKM 11-25 Januari besok akan berhasil jika dikawal oleh pimpinan partai dan pimpinan DPRD di Jawa-Bali," tegasnya.

Airlangga juga menekanka agar kadernya serius menggarap program Golkar Institute dan Yellow Clinic. Menurut Airlangga, program ini berpotensi memberi kontribusi bahkan barometer dalam ilmu pengetahuan. Airlangga menegaskan, Golkar Institute diharapkan dapat menyiapkan kader partai berlambang pohon beringin yang terpilih menjadi kepala daerah dengan ilmu dan sains kekinian.

Program pembangunan ke depan, menurut Airlangga, berbeda dengan masa sebelum pandemi Covid. Golkar akan membantu kepala daerah dengan seluruh sumber daya yang dimiliki partai lewat Golkar Institute. Ia juga mengingatkan cara bekerja dan bermasyarakat ke depan tidak terlepas dari 3T (Tracing, Testing dan Treatment).

"Saya meminta kepada DPD provinsi dan kabupaten/kota, untuk menyiapkan ruangan untuk Yellow Clinic, yang bisa memfasilitasi masyarakat untuk mendapat tes PCR, tes swab antigen dan GeNose. Golkar akan hadir menjawab kesulitan masyarakat di situ,” ujar Airlangga.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA