Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Penuturan Aisyah Soal Keseharian Nabi Muhammad SAW di Rumah

Senin 11 Jan 2021 09:32 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Nabi Muhammad SAW adalah sosok teladan selama di rumah Rasulullah SAW (ilustrasi)

Nabi Muhammad SAW adalah sosok teladan selama di rumah Rasulullah SAW (ilustrasi)

Foto: republika
Nabi Muhammad SAW adalah sosok teladan selama di rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Muhammad SAW diutus ke bumi sebagai teladan yang baik bagi seluruh umatnya. Sosok Nabi sebagai seorang suami juga sangat spesial dan layak dicontoh sebagaimana dijelaskan dalam beberapa hadits nabi.

Dalam riwayat Imam Ahmad bin Hanal, Sayyidah ‘Aisyah pernah ditanya seseorang tentang bagaimana kegiatan Nabi Saw jika berada di rumah.

سأل رجل عائشة :أكان رسول الله صلى الله عليه وسلم يعمل في بيته ؟ قالت: نعم كان أكان رسول الله صلى الله عليه وسلم يخصف نعله، ويخيط ثوبه، ويعمل في بيته كما يعمل  أحدكم في بيته  

Baca Juga

“Seseorang bertanya kepada Sayyidah Aisyah ra: Apakah Nabi SAW juga berkerja di rumah? Sayyidah Aisyah menjawab: Ya! Nabi SAW itu(di rumah) menggosok sendalnya sendiri, menjahit bajunya sendiri dan mengerjakan sesuatu di rumah sebagaimana kalian bekerja di rumah.” (HR Imam Ahmad)

Dalam bukunya yang berjudul “Muhammad Manusia yang tidak Seperti Manusia”, Ustadz Ahmad Zarkasih menjelaskan, hadits tersebut memberikan gambaran yang utuh kepada kita bahwa Nabi SAW bukanlah suami yang acuh dengan apa yang ada di rumah. Walaupun beliau sebagai kepala rumah tangga, akan tetapi posisinya tidak beliau gunakan untuk berleha-leha dan memberatkan istrinya.

Prinsipnya apa yang bisa dikerjakan, beliau kerjakan tanpa harus menyuruh orang lain. Padahal dengan kedudukannya sebagai kepala keluarga dan seorang Nabi, beliau bisa saja memerintahkan siapapun untuk bekerja di rumahnya sepanjang waktu. Tapi, Rasulullah SAW tidak demikian. Beliau mengerjakan sendiri apa yang memang bisa dikerjakan tanpa harus merepotkan orang lain.   

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA