Senin 11 Jan 2021 08:45 WIB

Apple dan Hyundai akan Kerja Sama Mobil Listrik

Hyundai berencana meluncurkan mobil listrik tanpa pengemudi pada 2027.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Hyundai Motor dan Apple Inc berencana untuk menandatangani kesepakatan kerja sama untuk mobil listrik otonom pada Maret 2021.
Foto: EPA
Hyundai Motor dan Apple Inc berencana untuk menandatangani kesepakatan kerja sama untuk mobil listrik otonom pada Maret 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Hyundai Motor dan Apple Inc berencana untuk menandatangani kesepakatan kerja sama untuk mobil listrik otonom pada Maret 2021. Menurut laporan surat kabar lokal Korea Selatan, IT News yang dikutip dari Reuters, Ahad (10/1), produksi mobil listrik tersebut akan dilakukan pada 2024 di Amerika Serikat.

Laporan tersebut menyusul pernyataan pada akhir pekan lalu dari Hyundai Motor bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan awal dengan Apple. Hyundai berencana meluncurkan mobil listrik tanpa pengemudi pada 2027 dan membuat saham Hyundai naik hampir 20 persen.

Meskipun begitu, hingga saat ini Hyundai Motor menolak mengomentari laporan tersebut. Hanya saja, Hyundai sudah menerima permintaan kerja sama potensial dari berbagai perusahaan dalam mengembangkan mobil listrik tersebut.

Dalam laporan terbaru, IT News menghapus rincian, lokasi, dan kapasitas produksi. Begitu juga waktu penandatanganan perjanjian dan peluncuran kendaraan listrik tersebut. Laporan tersebut juga mengungkapkan, Hyundai dan Apple berencana untuk merilis versi beta dari mobil Apple pada tahun depan.

Saham Hyundai Motor naik 14,6 persen dalam perdagangan pagi hari ini (11/1). Sementara Kia Motor pembuat suku cadang mobil Hyundai Mobis, sahamnya juga naik 12,7 persen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement