Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Amalan Sunnah Pahalanya Menemani Rasulullah SAW di Surga

Senin 11 Jan 2021 06:39 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat amalan yang pahalanya berupa menemani Rasulullah di surga. ilustrasi sholat sunnah

Terdapat amalan yang pahalanya berupa menemani Rasulullah di surga. ilustrasi sholat sunnah

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Terdapat amalan sunnah pahalanya berupa menemani Rasulullah di surga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Umat Islam pasti ingin bisa masuk surga bersama baginda Nabi Muhammad SAW. Agar bisa menemani Rasulullah di surga, maka umat Islam diperintahkan untuk melaksanakan ibadah sholat sunnah.

Sholat sunnah merupakan ibadah badaniyah yang paling utama untuk dikerjakan umat Islam. Bahkan, dalam hadits dijelaskan bahwa ibadah sholat itu lebih utama daripada ibadah puasa. Bagi umat Islam yang melaksanakan sholat sunnah secara istiqomah juga akan mendapatkan pahala berlebih.

Dalam buku “Klasifikasi Sholat Sunnah & Keutamaannya” karya Muhammad Najib diceritakan  bahwa ada seorang sahabat Nabi yang bernama, Rabiah bin Ka’ab al-Islamiy RA yang ingin sekali masuk surga dan bisa menemani Nabi di surga.

Baca Juga

Lalu kemudian Rasulullah SAW memerintahkan dia untuk memperbanyak sholat sunnah. Dengan memperbanyak sholat sunnah maka insyaAllah keinginannya dikabulkan Allah SWT. Kisah ini termaktub dalam sebuah hadits sahih yang diriwayatkan Imam Muslim berikut:

عن رَبِيعَة بْن كَعْبٍ الْأَسْلَمِيُّ رضي الله عنه قَالَ : " كُنْتُ أَبِيتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَأَتَيْتُهُ بِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ ، فَقَالَ لِي : سَلْ ، فَقُلْتُ : أَسْأَلُكَ مُرَافَقَتَكَ فِي الْجَنَّةِ ، قَالَ : أَوْ غَيْرَ ذَلِكَ ، قُلْتُ : هُوَ ذَاكَ ، قَالَ : فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ

Dari Rabi’ah bin Ka’ab al-Islamy RA, dia berkata: “Nabi SAW berkata kepadaku, “Wahai Rabiah mintalah sesuatu.” ‘Maka aku jawab: ‘Aku ingin bisa menemanimu di surga wahai nabi.’ Lalu nabi bertanya: “Ada yang lain tidak?,” Aku menjawab: Tidak ada. Lalu Nabi bersabda: “Kalau begitu bantulah aku untuk bisa menolongmu dengan memperbanyak sujud.” (HR Muslim)

Muhammad Najib menjelaskan, Imam an-Nawawi rahimahullah (wafat 676 H) mengomentari hadits di atas dalam kitabnya al-Minhaj Syarh Shahih Muslim bahwa yang dimaksud memperbanyak sujud adalah memperbanyak sholat sunnah.

Karena itu, menurut Najib, semakin banyak kita sholat sunnah maka semakin banyak sujud yang kita lakukan. Semakin banyak sujud yang kita lakukan maka insyaAllah semakin besar kemungkinan kita bisa menemani Nabi SAW di surganya Allah SWT.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA