Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Pemerintah Spanyol Tetap Kirim Vaksin Saat Bencana

Senin 11 Jan 2021 05:33 WIB

Rep: dwina agustin/ Red: Hiru Muhammad

Aktivitas warga di Sol Square, Madrid, Spanyol, Ahad (10/1).

Aktivitas warga di Sol Square, Madrid, Spanyol, Ahad (10/1).

Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Sekitar 20.000 km jalan di seluruh Spanyol tengah terkena dampak badai.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID--Pemerintah Spanyol akan mengirim pasokan yang membawa vaksin Covid-19 dan makanan ke daerah-daerah yang terputus oleh Badai Filomena pada Ahad (10/1). Badai tersebut membawa hujan salju paling lebat dalam beberapa dekade di seluruh Spanyol tengah dan menewaskan empat orang.

Menteri Transportasi, Jose Luis Abalos, menyatakan, sekitar 20.000 km jalan di seluruh Spanyol tengah terkena dampak badai. Namun, pemerintah tetap mengirim konvoi yang mengangkut vaksin dan pasokan makanan kepada mereka yang membutuhkan. 

Pengumuman ini dilakukan setelah bencana alam melumpuhkan banyak wilayah dan memakan korban jiwa. Badan Metereologi Negara (Aemet) mengatakan, salju setinggi 20-30 cm turun di Madrid pada Sabtu (9/1) dan menjadi terbesar sejak 1971.

Tim penyelamat di Madrid menolong 1.500 orang yang terperangkap di dalam mobil. Sementara polisi mengimbau warga untuk tinggal di rumah karena risiko kecelakaan atau menyebarkan virus Corona.

Peramal cuaca memperingatkan kondisi berbahaya dalam beberapa hari mendatang, dengan suhu diperkirakan akan turun hingga minus 10 Celcius minggu depan. Kemungkinan salju berubah menjadi es dan pohon yang rusak akan tumbang.

Sekitar 100 pekerja dan pembeli menghabiskan dua malam untuk tidur di sebuah pusat perbelanjaan di Majahaonda, sebuah kota di utara Madrid. Mereka terjebak oleh badai salju pada Jumat (7/1). Bandara internasional Madrid pun menangguhkan penerbangan hingga Ahad malam.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA