Ahad 10 Jan 2021 23:42 WIB

Kapten Afwan Selalu Mengingatkan Jangan Tinggalkan Shalat

Kapten Afwan selalu shalat Subuh berjamaah.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Teguh Firmansyah
Kapten Pilot Afwan, Kapten pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu
Foto: Dok pribadi
Kapten Pilot Afwan, Kapten pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebuah foto yang disebut sebagai status WhatsApp terakhir dari pilot Sriwijaya Air, Kapten Afwan, beredar di media sosial. Pihak keluarga mengatakan, foto tersebut bukanlah status WhatsApp, melainkan display picture (DP) dari kontak Captain Afwan.

“Itu kebetulan bukan status, tapi itu adalah DP beliau. Itu DP dari WhatsApp beliau,” ujar keponakan Kapten Afwan, Ferza Mahardika ketika ditemui Republika.co.id, di Bumi Cibinong Endah (BCE), Cibinong, Kabupaten Bogor, Ahad (10/1).

Baca Juga

Meski demikian, Ferza mengaku kurang mengetahui kapan DP tersebut mulai digunakan oleh pamannya. Dia pun baru melihat DP dari kapten Afwan setelah foto tersebut beredar di media sosial sebagai status WhatsApp dari pamannya. “Mengenai itu juga saya kurang tau sih. Cuma memang pada saat itu lumayan naik, saya lihat itu DP-nya, bukan statusnya,” tuturnya.

Foto yang dimaksud merupakan gambar seorang superhero yang tengah shalat. Disertai dengan kalimat nasihat untuk shalat lima waktu.

Berkaitan dengan nasihat di foto yang digunakan Kapten Afwan di DP-nya, Ferza mengakui pamannya memang merupakan orang yang tidak pernah meninggalkan shalat. “Kebiasaan sebelum take off, beliau shalat,” ucapnya.

Senada dengan Ferza, rekan dari Kapten Afwan bernama Teguh Joko M menceritakan, rekannya itu merupakan sosok yang religius. Setiap ada pertemuan, Kapten Afwan kerap membagikan ayat-ayat Alquran.

“Dia setiap ada pertemuan atau sharing, selalu ayat Alquran di-share. Mengingatkan kita sebagai manusia jangan meninggalkan shalat. Selalu percaya kepada Allah,” kata Teguh yang juga hadir di kediaman Kapten Afwan.

Selain itu, Teguh juga hafal kebiasaan rekannya yang selalu mencari mushola untuk beribadah, sesegera dirinya landing di bandara. Sekaligus, kapten Afwan juga kerap shalat subuh berjamaah di masjid sekitar tempat tinggalnya. “Setiap landing selalu mencari mushala untuk beribadah. Subuhnya juga di lingkungan sini berjamaah,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement