Senin 11 Jan 2021 00:45 WIB

Katsina Kembalikan Biaya Haji tak Terpakai

Biaya haji tak terpakai dikembalikan Katsina.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Katsina Kembalikan Biaya Haji tak Terpakai. Foto: ilustrasi Jamaah Haji Nigeria
Foto: EPA-EFE/MIKE NELSON
Katsina Kembalikan Biaya Haji tak Terpakai. Foto: ilustrasi Jamaah Haji Nigeria

IHRAM.CO.ID, KATSINA -- Pemerintah Katsina, yang merupakan bagian dari negara bagian Nigeria, memulai pengembalian setoran haji, Kamis (7/1). Pengembalian biaya ini diberikan bagi jamaah haji yang berencana menunaikan ibadah haji 2019, namun tidak digunakan.

Dilansir di Punch Nigeria, Ahad (10/1), total tidak kurang dari 3.100 jamaah haji akan menerima pengembalian biaya ini. Dana yang diberikan diperolah dari Kementerian Urusan Haji Arab Saudi.

Baca Juga

Menurut sebuah pernyataan yang ditandatangani oleh juru bicara dewan, Badaru Karofi, mengatakan pembayaran untuk setoran haji yang tidak digunakan ini berasal dari Kementerian Haji Arab Saudi dan difasilitasi oleh Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON), setelah Haji 2019.

Direktur Eksekutif Badan Kesejahteraan Peziarah Negara Katsina, Alhaji Suleiman Kuki, mengatakan Gubernur Aminu Masari memberikan persetujuan untuk dimulainya pembayaran. Dia juga mengamini jika pengembalian uang itu diterima melalui Komisi Haji Nasional Nigeria.

Lebih lanjut, Kuki mengatakan hanya jamaah yang membayar ongkos haji mereka secara langsung melalui dewan maupun mereka yang ditawarkan slot pemerintah, yang berhak mendapatkan pengembalian uang.

"Pengembalian uang itu untuk layanan tertentu yang tidak diberikan kepada jamaah oleh otoritas Saudi selama haji," kata Kuki.

Dia lanyas meyakinkan para peziarah di negara bagian Masari tentang komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan mereka.

Kepada jamaah haji 2020 yang menggulirkan simpanan mereka ke haji 2021, ia meminta agar segera menyelesaikan setoran haji mereka, untuk menghindari kehilangan slot. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement