Senin 11 Jan 2021 02:44 WIB

Aplikasi Parler Juga Dihapus dari App Store

Google sudah lebih dulu menghapus aplikasi Parler dari Play Store.

Aplikasi Parler
Foto: VOA
Aplikasi Parler

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple telah menangguhkan aplikasi Parler dari App Store. Menurut Apple, jejaring sosial faforit pendukung Donald Trump ini  tidak mengambil tindakan yang memadai untuk mencegah penyebaran postingan yang menghasut tindakan kekerasan.

Apple telah memberi waktu 24 jam bagi Parler untuk mengirimkan rencana moderasi terperinci, mengacu pada peserta aksi pengepungan gedung Capitol AS pada Rabu (6/1), yang menggunakan layanannya.

Baca Juga

"Kami telah menangguhkan Parler dari App Store sampai mereka menyelesaikan masalah ini," kata Apple, dikutip dari Reuters, Ahad (10/1).

Dari pantauan ANTARA, Ahad pagi, Parler sudah tidak dapat ditemukan di App Store. Sebelumnya, pada Sabtu (9/1) sore, aplikasi tersebut masih tersedia untuk unduhan baru di toko aplikasi milik pembuat iPhone itu.

Dalam surat tim peninjau App Store kepada Parler, Apple menyebutkan bahwa konten yang mengancam kesejahteraan orang lain atau dimaksudkan untuk menghasut kekerasan atau tindakan melanggar hukum lainnya tidak pernah diterima di App Store.

Apple kemudian memberi Parler 24 jam untuk menghapus semua konten yang tidak pantas dari aplikasi ... serta konten apa pun yang merujuk pada menyakiti orang atau serangan terhadap fasilitas pemerintah sekarang atau di masa mendatang.

Google telah terlebih dahulu memblokir Parler dari toko aplikasi Play Store karena unggahan yang dinilai menghasut kekerasan. Google juga menuntut moderasi konten yang "kuat" dari aplikasi yang digunakan oleh banyak pendukung Presiden AS Donald Trump itu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement