Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Sikap Takut Sahabat Nabi Muhammad kepada Allah

Senin 11 Jan 2021 04:30 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Sikap Takut Sahabat Nabi Muhammad Kepada Allah. Foto: Ilustrasi Lafadz Allah

Sikap Takut Sahabat Nabi Muhammad Kepada Allah. Foto: Ilustrasi Lafadz Allah

Foto: Foto : MgRol112
Sahabat Nabi Muhammad memiliki sikat takut kepada Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suatu ketika Rasulullah SAW menjenguk seorang sahabat yang masih muda yang sedang sakit keras. Pada saat kematian Nabi Muhammad Rasulullah SAW bertanya, bagaimana keadaanmu? "Ia menjawab saya mengharapkan rahmat Allah SWT dan takut akan dosa besar saya."

Rasulullah SAW bersabda. "Tidaklah berkumpul dua perkataan ini dalam hati seorang hamba melainkan Allah SWT pasti akan memberikan apa yang diharapkan dengan mengamankannya dari apa yang ia takuti."

Umar RA berkata, "Apabila pada hari kiamat diumumkan bahwa hanya ada satu orang yang diampuni dan yang lain semuanya dimasukkan ke dalam neraka, maka saya berharap kepada rahmat Allah bahwa sayalah orang yang diampuni. Dan bila diumumkan bahwa satu orang dimasukkan ke dalam neraka, dan yang lain semuanya dimasukkan di surga, maka saya takut jangan-jangan orang yang satu itu adalah saya.

Ali RA berkata kepada putranya. "Wahai anakku, takutlah kepada Allah SWT sedemikian rupa sehingga seandainya kamu menghadap kepadanya dengan membawa kebaikan sebanyak manusia di dunia, kamu merasa bahwa kebaikan itu tidak diterima oleh-Nya. Dan berharaplah kepada Allah SWT sedemikian rupa sehingga seandainya kamu menghadap kepada-Nya dengan membawa dosa sebanyak manusia di dunia, dia akan mengampuninya."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA