Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Reaksi Muawiyah Saat Mendengar Ahli Ibadah Tapi Masuk Neraka

Senin 11 Jan 2021 05:00 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Reaksi Muawiyah Saat Mendengar Ahli Ibadah Tapi Masuk Neraka. Foto Ilustrasi: Sahabat Nabi

Reaksi Muawiyah Saat Mendengar Ahli Ibadah Tapi Masuk Neraka. Foto Ilustrasi: Sahabat Nabi

Foto: MgIt03
Muawiyah terkejut saat mendengar orang yang beribadah tapi masuk neraka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dikisahkan Syekh Syafi Rah.a telah memperdengarkan hadist yang disampaikan Abu Hurairah RA tentang orang yang hafal Alquran, ahli sedekah dan jihad namun masuk neraka. Syaikh Syafi merupakan seorang tabiin yang masyhur.

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi dalam kitabnya Fadhillah amal mengisahkan, setelah mendengar hadirs itu, Syafi datang pada Khalifah Muawiyah RA dan menceritakan kepadanya hadist yang ia dengar dari Abu Hurairah itu Muawiyah berkata. "Kalau tiga orang ini saja keadaannya seperti itu Lalu bagaimana dengan yang lain?"

Setelah mengatakan demikian itu Muawiyah menangis dengan amat sangat sehingga orang yang melihatnya mengira bahwa ia akan mati jika menangis terus. Kemudian setelah sadar dan tenang ia berkata. "Allah SWT benar dan Rasulnya pun berkata benar kemudian Muawiyah membaca ayat dari surat Huud ayat 15-16 yang artinya:

"Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sia apa yang mereka kerjakan."

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya mengatakan, kalau keadaannya seperti itu, maka sangat sulit untuk memastikan bahwa amal kita dikerjakan semata-mata karena Allah SWT. Akan tetapi bila Allah SWT mengampuninya dan menerima amal yang tidak ikhlas itu maka hal itu tidaklah jauh dari rahmat Allah SWT. a

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA