Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Ada Apa di Pulau Laki, Tempat Sriwijaya Air SJ182 Jatuh

Ahad 10 Jan 2021 20:08 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air

Musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air

Foto: republika
Sriwijaya Air SJ182 dilaporkan jatuh di dekat Pulau Laki,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute penerbangan Jakarta-Pontianak yang take off dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 13.30 WIB dilaporkan hilang kontak dan jatuh di gugusan Kepulauan Seribu. Pesawat yang membawa 56 penumpang tersebut dilaporkan jatuh di perairan di dekat Pulau Laki dan Pulau Lancang.

Pulau Laki adalah pulau tanpa penduduk yang terpencil di sebelah utara Pulau Jawa. Secara geografis, pulau yang memiliki pesona keindahan alam tersebut masuk dalam wilayah Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Ibu Kota Jakarta.

Pulau itu memiliki luas 30 hektare. Di dekatnya ada Pulau Laki Besar dan Pulau Laki Kecil.

Kawasan ini diperuntukkan sebagai tempat wisata sejak 22 Oktober 1988. Berbagai fasilitas masih berdiri di pulau tersebut, seperti belasan bungalow, kolam renang air tawar, lapangan tenis, lapangan golf, hingga jogging track. Namun semua fasilitas itu tak lagi digunakan.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Pesawat Sriwijaya Air yang Hilang Kontak

Pulau Laki sempat beralih fungsi sebagai lokasi untuk latihan tempur TNI Angkatan Laut, tetapi aktifitas di pulau tersebut lebih banyak orang memancing.

Pulau ini sebenarnya lebih dekat ke wilayah Tangerang. Wisatawan yang datang ke pulau yang jadi spot mancing favorit tersebut bisa dicapai melalui Pantai Mauk, Sepatan, Tangerang menggunakan kapal motor.

Pulau yang menjadi habitat pohon ketapang, kayu angin, mangrove, pohon waru itu juga dihuni berbagai jenis hewan. Di antaranya burung gagak hitam, tikus hutan, burung elang laut, hingga biawak.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA