Ahad 10 Jan 2021 16:47 WIB

LSI: 17 Persen Responden Ditawari Uang di Pilkada 2020

Temuan lain, 20 persen masyarakat melihat tetangganya ditawari uang atau barang.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita
Ilustrasi Politik Uang
Foto:

Ia melanjutkan, temuan lainnya, responden  yang mengaku pernah melihat tetangganya ditawari politik uang jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan yang menyatakan dirinya pernah ditawari uang atau barang dalam pilkada 2020. "Ada 20 persen masyarakat yang mengaku melihat atau mengetahui tetangganya ditawari uang atau barang dari calon tertentu dan yang paling banyak ditawarkan itu bentuknya uang dan sembako," kata Djayadi.

Ia menjelaskan, 40 persen juga responden meyakini jika politik uang di Pilkada 2020 berpengaruh terhadap pilihan masyarakat saat pemungutan suara 9 Desember lalu. Angka ini sedikit lebih tinggi dari pengaruh politik uang bagi pribadinya untuk menentukan pilihannya yakni 36 persen.

Survei LSI dilakukan dengan metodologi menggunakan telepon ke 2000 responden yang dipilih acak dari databasenomor telepon LSI. Database itu diperoleh dari survei face to face bertemu langsung responden dalam berbagai survei beberapa waktu terakhir.

Survei menggunakan asumsi metode simple random sampling ukuran sampai 2000 responden memiliki toleransi kesalahan sekitar 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement