Ahad 10 Jan 2021 15:45 WIB

Kontrol Risiko Obesitas dengan Pemeriksaan Genetika

Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia (Foto: ilustrasi obesitas)
Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia (Foto: ilustrasi obesitas)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia. Merujuk laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebanyak 23,10 persen dari populasi Indonesia mengalami obesitas. Kelebihan berat badan bisa memicu penyakit kronis seperti tekanan darah, kolesterol hingga jantung.

Meski di sisi lain, sebanyak 63 persen dari populasi Indonesia percaya bahwa olahraga rutin sangat penting. Akan tetapi tingginya kesadaran untuk berolahraga saja tidak cukup untuk bisa lepas dari jerat obesitas. Perlu ada pemeriksaan komprehensif seperti tes DNA atau genetika untuk memahami karakter tubuh dan menemukan solusi terbaik dalam menjalani gaya hidup sehat.

Baca Juga

Clinical Dietition & Sports Nutritionist, Emilia E Achmadi menjelaskan bahwa setiap orang memiliki karakteristik tubuh yang berbeda-beda. Karenanya pola diet, makan dan olah raga yang tepat untuk setiap individu juga tidak bisa disamaratakan.

“Karakteristik tubuh setiap orang beda-beda, ada yang tipe apel, tipe pear, dan tipe pisang. Setiap tipe beda-beda penanganannya. Jadi jangan aneh jika pola diet tertentu sukses pada orang lain tapi tidak pada sukses diterapkan oleh Anda,” kata Emilia dalam konferensi pers peluncuran FitGENME pada Sabtu (9/1).

Pemeriksaan genetik bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengontrol risiko obesitas dan mengoptimalkan performa olahraga. Menurut Emilia, melalui pemeriksaan genetika atau DNA seseorang bisa mengetahui karakteristik tubuhnya, kombinasi makanan yang cocok, porsi makan yang pas, hingga jenis olahraga yang paling direkomendasikan.

“Jadi kita seperti punya blueprint untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan dalam diri,” kata Emilia.

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui salah satu anak perusahaannya, Kalgen Innolab, meluncurkan pemeriksaan genetik terbaru yaitu FitGENME yang terdiri dari dua pemeriksaan yaitu FitGENME Diet dan FitGENME Sports. FitGENME Diet merupakan pemeriksaan genetik yang dapat menganalisa variasi DNA yang berkaitan pada metabolisme suatu nutrisi. Sedangkan FitGENME Sports merupakan pemeriksaan genetik yang dapat menganalisa variasi DNA yang berkaitan pada metabolisme tubuh terhadap jenis olahraga tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement