Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Nabi-Nabi yang Berasal dari Bangsa Arab Sebelum Muhammad SAW

Ahad 10 Jan 2021 05:59 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat nabi sebelum Nabi Muhammad SAW berasal dari bangsa Arab Ilustrasi Rasulullah

Foto:
Terdapat nabi sebelum Nabi Muhammad SAW berasal dari bangsa Arab

Namun ini tidak berarti wilayah-wilayah diasingkan. Ada bukti dalam Alquran bahwa Allah SWT telah mengirim utusan ke semua umat manusia. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Fathir ayat 24:

إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ بِالْحَقِّ بَشِيرًا وَنَذِيرًا ۚ وَإِنْ مِنْ أُمَّةٍ إِلَّا خَلَا فِيهَا نَذِيرٌ

"Sesungguhnya Kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. Dan tidak ada suatu umat pun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan." Begitu pun firman Allah SWT di dalam surat An-Nahl ayat 36:

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ هَدَى اللَّهُ وَمِنْهُمْ مَنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلَالَةُ ۚ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ

"Dan sungguh, Kami telah mengutus seorang rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan), "Sembahlah Allah, dan jauhilah tagut", kemudian di antara mereka ada yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula yang tetap dalam kesesatan. Maka berjalanlah kamu di bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang mendustakan (rasul-rasul)."

 

Ayat-ayat ini menunjukkan bahwa Allah SWT telah mengutus kepada setiap orang dan setiap bangsa untuk mengajak mereka kepada kebenaran, menyembah Allah SWT dan memperingatkan mereka soal politeisme dan ketidakadilan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA