Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Ayat Alquran Bantu Lancarkan Persalinan, Begini Caranya  

Ahad 10 Jan 2021 05:55 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

. Terdapat ayat Alquran yang bisa bantu perlancar persalinanIlustrasi melahirkan tanpa sakit/hypnobirthing

. Terdapat ayat Alquran yang bisa bantu perlancar persalinanIlustrasi melahirkan tanpa sakit/hypnobirthing

Foto: pixabay
Terdapat ayat Alquran yang bisa bantu perlancar persalinan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Beberapa ayat suci Alquran memiliki manfaat untuk membantu memperlancar atau memudahkan proses persalinan jika dibacakan.

Ini bukan didasarkan pada Sunnah yang ditetapkan Nabi Muhammad SAW melainkan dari pengalaman dan perkataan para generasi salaf, sebagaimana dilansir dari laman Mawdoo. 

Para ulama terdahulu telah menyampaikan ayat-ayat ini yang bermanfaat untuk memudahkan persalinan berdasarkan pengalaman mereka.

Dr Abdullah Alu Saif dalam Ayatun Nafa’ Allahu biha Waqt al-Wiladah, mengutip pernyataan Imam As-Suyuthi, bahwa sebagian besar dari ayat-ayat yang dijadikan untuk membantu melancarkan persalinan tersebut berasal dari pengalaman orang-orang saleh. Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Isra Ayat 82:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ  "Dan kami akan menurunkan dari Alquran yang menyembuhkan dan rahmat bagi orang-orang beriman". Di antara ayat tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama, adalah surat An Naziat Ayat 46, dan Al-Ahqaf Ayat 35. Hal ini sebagaimana diriwayatkan Al-Baihaqi dari jalur Abdullah bin Abbas. Ibnu Abbas mengatakan:

 

 

:يكتب في قرطاس ثم تسقى

"باسم الله الذي لا إله إلا هو الحليم الكريم" 

"سبحان الله وتعالى رب العرش العظيم،"

"الحمد لله  رب العالمين"

(كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلَّا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا) 

(كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلَّا سَاعَةً مِّن نَّهَارٍ بَلَاغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلَّا الْقَوْمُ الْفَاسِقُون)

Jika ada wanita yang kesulitan dalam persalinan, maka tulislah ini di kertas, lalu masukkan ke air, kemudian sirami ke wanita itu.

Adapun kata-kata yang ditulis adalah, "Laa Ilaha Illallah Al Halimul Karim Subhanallahi Rabbil 'Arsyil 'Azhim Al Hamdulillahi Rabbil 'Alamin," lalu dilanjutkan dengan membaca Surat An Naziat Ayat 46, lalu dilanjutkan lagi dengan membaca Al-Ahqaf Ayat 35.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA