Sabtu 09 Jan 2021 19:08 WIB

Menkes Khawatir Lihat Lonjakan Kasus Covid Usai Libur Nataru

Menkes mengaku khawatir melihat lonjakan kasus Covid usai libur Nataru.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin
Foto: BPMI
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengaku khawatir melihat lonjakan kasus Covid-19 usai libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Menkes mengaku tengah menyiapkan strategi untuk menghadapi lonjakan kasus Covid-19, dengan mengajak serta organisasi profesi.

"Saya sangat khawatir mengenai lonjakan pasien Covid-19 di rumah sakit pascalibur panjang (nataru). Ini membutuhkan banyak waktu untuk menanganinya dan sekali lagi kita bergantung pada tenaga kesehatan (nakes) yang ada," ujarnya saat mengisi konferensi virtual Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bertema Kajian Hukum, Kewajiban Warga Negara Mengikuti Vaksinasi, Sabtu (9/1) sore.

Baca Juga

Menkes mengaku tengah mempersiapkan strategi untuk mengatasi pandemi virus ini karena ini adalah tugas dari presiden Joko Widodo kepada dirinya. Oleh karena itu, ia meminta masukan pada anggota IDI untuk mengatasinya karena program ini tidak bisa lakukan sendiri. 

Menurutnya, upaya penanganan pandemi ini harus dilakukan bersama-sama. Program ini tidak bisa sukses dengan hanya satu arah yang dilakukan dari pusat ke daerah melainkan ini harus jadi gerakan setiap komponen bangsa bisa mengatasi masalah besar ini. 

"Ini bukan program eksklusif yang bisa dijalankan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melainkan inklusif semua organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan," ujarnya.

Sebelumnya kasus positif Covid-19 di Tanah Air sempat memecah rekor berturut-turut dalam tiga hari di pekan ini. Berdasarkan data yang dihimpun pemerintah hingga Jumat (8/1), ada penambahan 10.617 kasus baru Covid-19. Padahal, sehari sebelumnya penambahan pasien Covid-19 tertinggi terjadi pada Kamis (7/1) sebanyak 9.321 orang. Kemudian pada Rabu (6/1), sempat ada penambahan jumlah pasien tertinggi dengan 8.854 orang dalam sehari. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement