Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Antara Nabi Muhammad dan Nabi Yusuf, Siapa Lebih Tampan?

Sabtu 09 Jan 2021 11:20 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Ulama berbeda pendapat soal siapa lebih tampan Nabi Muhammad atau Yusuf AS. Rasulullah SAW (ilustrasi)

Ulama berbeda pendapat soal siapa lebih tampan Nabi Muhammad atau Yusuf AS. Rasulullah SAW (ilustrasi)

Foto: republika
Ulama berbeda pendapat soal siapa lebih tampan Nabi Muhammad atau Yusuf AS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Antara Nabi Yusuf dan Nabi Muhammad, sebetulnya siapa yang lebih tampan? 

Mungkin di benak kita sempat timbul pertanyaan serupa. Beberapa riwayat hadits pun memberikan pemaparan soal itu dengan beragam pandangan.

Nabi Yusuf memiliki paras tampan yang membuat para wanita saat itu terpesona saat melihatnya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT: 

Baca Juga

لَمَّا رَأَيْنَهُ أَكْبَرْنَهُ وَقَطَّعْنَ أَيْدِيَهُنَّ وَقُلْنَ حَاشَ لِلَّهِ مَا هَٰذَا بَشَرًا إِنْ هَٰذَا إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ "Tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum dengan keelokan wajahnya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata, 'Mahasempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.'" (QS Yusuf: 31).

Lalu apakah Nabi Yusuf lebih tampan dari Nabi Muhammad? Kalangan ulama sendiri berbeda pendapat dengan dalil yang mendasarinya. Dalil yang menyebut Nabi Yusuf lebih tampan, yaitu hadits berikut: 

فإذا أنا بيوسف عليه الصّلاة والسّلام، وإذا هو قد أُعطي شِطر الحُسن "Yusuf diberi setengah ketampanan." (HR  Ahmad 14050, disahihkan Syuaib al-Arnauth).

Nabi Muhammad SAW pun pernah memberikan tanggapan soal ketampanan Nabi Yusuf saat melakukan Isra Miraj, tepatnya di langit ketiga. Dalam hadits riwayat Muslim, Nabi SAW berkata: 

فإذا أنا بيوسف عليه الصّلاة والسّلام، وإذا هو قد أُعطي شِطر الحُسن "Di sana saya bertemu Yusuf, ternyata beliau diberi setengah ketampanan.

Atas hadits itu, Ibn al-Qayyim memaparkan bahwa ketampanan Nabi Yusuf adalah setengah ketampanan dari semua manusia. Sedangkan setengahnya lagi terbagi ke semua manusia lainnya. 

Sementara Ibnu Katsir berpendapat, maksud dari 'Yusuf memiliki setengah ketampanan seluruh manusia', adalah setengah ketampanan Nabi Adam. 

Dalil lain menyebutkan Nabi Muhammad SAW adalah manusia dengan wajah yang paling tampan. Sebagian ulama berpendapat bahwa maksud dari 'Yusuf punya setengah ketampanan seluruh manusia' ialah setelah ketampanan dari Nabi Muhammad SAW. Karena itu, yang paling tampan adalah Nabi Muhammad SAW dan ketampanan Nabi Yusuf adalah setengahnya.

Pendapat tersebut, sebagaimana dijelaskan Ibn al-Qayyim, didasarkan pada hadits riwayat Turmudzi dari Qatadah, dari Anas bin Malik RA: 

ما بعث الله نبياً إلا حسن الوجه حسن الصوت وكان نبيكم أحسنهم وجهاً وأحسنهم صوتاً "Tidaklah Allah mengutus Nabi, kecuali berwajah tampan, dan suaranya bagus. Dan Nabi kalian SAW adalah orang yang paling tampan wajahnya dan paling indah suaranya." 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA