Sabtu 09 Jan 2021 06:15 WIB

Penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Tangsel Mulai 9 Januari

PT Pos Indonesia akan mengirim langsung bantuan ke alamat penerima BST.

Rep: Eva Rianti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Tangsel Mulai 9 Januari (ilustrasi).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Tangsel Mulai 9 Januari (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan Wahyunoto Lukman menyampaikan, penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial akan mulai disalurkan kepada penerima di wilayah Tangsel pada Sabtu, 9 Januari 2021. Bantuan senilai Rp300.000 tersebut akan disalurkan secara bertahap ke tujuh kecamatan yang ada di Tangerang Selatan. 

"BST dari Kemensos besok (9/1) kita mulai salurkan. Yang pertama jadwalnya adalah di Kecamatan Setu," kata Wahyunoto di Pusat Pemerintahan Kota Tangsel, Jumat (8/1). 

Penyaluran BST, kata dia, dilakukan melalui PT Pos Indonesia selama tujuh hari ke depan. Wahyunoto menyebut, ada 34 personel dari PT Pos Indonesia yang bertugas menyalurkan BST kepada masyarakat Tangsel yang terdaftar sebagai penerima. 

Teknisnya, PT Pos Indonesia akan mengirim langsung bantuan ke alamat penerima BST. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan orang saat pemberian bantuan dan menyebabkan terjadinya penularan Covid-19. Nantinya jika terjadi kendala, semisal alamat tidak ditemukan, PT Pos Indonesia dan Dinsos Kota Tangsel akan melakukan koordinasi. 

Adapun, jumlah penerima BST pada periode Januari 2021 di Tangsel tercatat berjumlah 90.017 keluarga (KK). Jumlah itu diketahui meningkat dari total penerima bansos berupa sembako pada 2020 lalu sebanyak 83.592 KK. Wahyunoto mengatakan, data jumlah penerima BST nantinya masih bisa mengalami perubahan pada periode bulan-bulan berikutnya hingga bulan terakhir pemberian BST pada April 2021. 

"Itu (90.017 KK) jumlah sementara ya. Jadi bisa nambah lagi karena usulan tetap diterima, tapi prosesnya setelah pencairan pada tahap Januari, baru usulan-usulan diproses oleh Kemensos," terangnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement