Sabtu 09 Jan 2021 04:59 WIB

Rumah Sakit Lapangan Bogor Ditargetkan Finishing Hari Ini

Progress pembangunan saat ini telah mencapai 70 persen.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Dwi Murdaningsih
RS lapangan Kota Bogor di Wisma Atlet kawasan GOR Pajajaran Bogor masih dalam proses pembangunan.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
RS lapangan Kota Bogor di Wisma Atlet kawasan GOR Pajajaran Bogor masih dalam proses pembangunan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Pembangunan rumah sakit (RS) lapangan Kota Bogor yang menggunakan gedung Wisma Atlet di kawasan GOR Pajajaran ditargetkan mencapai tahap finishing pada 9 Januari 2021. Diperkirakan, progress pembangunan saat ini telah mencapai 70 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala RS lapangan, dr. Yeti Hariyati saat melakukan peninjauan bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto dan Dirut RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir pada Jumat (8/1).

Baca Juga

“Kami merencanakan tanggal 9 itu sudah finishing, jadi tanggal 10 rencana kita pastikan lift sudah jalan. Sebenarnya, listrik gensetnya sudah ada, tinggal kita nyalakan. Begitu lift jalan, alat-alat kesehatannya bisa kita naikkan tanggal 10 dan 11,” kata Yeti kepada wartawan, Jumat (8/1).

Yeti melanjutkan, rencananya pada 12 Januari dilakukan simulasi pasien, dilanjutkan simulasi limbah pada 13 Januari, dan persiapan petugas pada 14 Januari. Simulasi dan persiapan tersebut dilakukan, agar pada 18 Januari RS lapangan ini bisa segera dibuka dan siap dioperasikan.

“Jadi pada saat nanti launching tanggal 18 Januari ini kita benar-benar siap. Insyaallah akan dibuka oleh Doni Monardo,” ucap dia.

Selain itu, dia menjelaskan, ruang perawatan pasien Covid-19 di gedung berlantai tiga ini dibagi dengan total 68 tempat tidur. Di mana, lantai dasar akan digunakan menjadi IGD, lantai 2 menjadi tempat perawatan khusus pasien perempuan, dan lantai 3 khusus laki-laki.

Sedangkan untuk lab PCR test, RS Lapangan tetap menginduk ke RSUD Kota Bogor. “swabnya kita bekerjasama dengan RSUD Kota Bogor. Sedangkan untuk labnya yg di bawah jam 2 dengan labkesda. Jd kita di sini hanya pengambilan sampel dan dikirim. Prinsipnya itu,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement