Jumat 08 Jan 2021 23:47 WIB

Dorong Kompetensi Guru Saat Pandemi Lewat Pelatihan Gratis

KPM dan Republika gelar pelatihan Guru MIPA gratis secara daring

Program Pelatihan Guru MIPA secara daring yang digagas KPM dan REPUBLIKA menuai apresiasi dari para peserta. Pelatihan yang digelar selama 20 sesi sejak Agustus hingga Desember 2020 tanpa memungut biaya (gratis).
Foto: KPM
Program Pelatihan Guru MIPA secara daring yang digagas KPM dan REPUBLIKA menuai apresiasi dari para peserta. Pelatihan yang digelar selama 20 sesi sejak Agustus hingga Desember 2020 tanpa memungut biaya (gratis).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Program Pelatihan Guru MIPA secara daring yang digagas KPM dan REPUBLIKA menuai apresiasi dari para peserta. Pelatihan yang digelar selama 20 sesi sejak Agustus hingga Desember 2020 tanpa memungut biaya (gratis). 

Beberapa peserta pun mengaku merasakan manfaat. Beberapa nama di antaranya yang mengikuti pelatihan tersebut adalah Ibrahim Amin dari Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Mireille Chandrawati dari Tangerang Selatan. 

Dengan semangat menggapai ridho Allah SWT, Pelatihan Guru MIPA REPUBLIKA menjadi asa tingkatkan kompetensi guru di masa pandemi. Meskipun harus belajar online, Ibrahim Amin berikhtiar mengikuti pelatihan. Lantas, apa yang memotivasi Ibrahim tetap mengikuti pelatihan? 

“Di masa pandemi jarang sekali ada pelatihan yang mengkhususkan pada peningkatan materi dasar Matematika. Tak hanya itu saja yang diberikan, saya juga menerima ilmu dalam menata hati dengan cara meningkatkan ibadah dan amal kebaikan. Hal ini yang tidak pernah saya dapatkan dari pelatihan lain, kecuali berasal dari KPM,” kata Ibrahim Amin melalui pesan singkat. 

Ibrahim Amin pun mengaku bersyukur bahwa Ia merasakan peningkatan kompetensi sebagai pendidik guna membina siswa dalam hal akademik dan karakter. “Jazakallah Khoir untuk KPM. Semoga Allah selalu memberkahi, diberi kesehatan dan amal jariyah,” imbuhnya. 

Dihubungi terpisah, ada juga Mireille Chandrawati yang mengikuti Pelatihan Guru MIPA REPUBLIKA. Mireille yang merupakan guru SD Islam Al Azhar BSD ini termotivasi untuk menambah ilmu pengetahuan pengajaran IPA. 

“Saya termotivasi untuk menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan tentang metode baru dalam pengajaran IPA. Alhamdulillah pengalaman tersebut saya dapatkan dalam pelatihan guru MIPA REPUBLIKA selama 20 sesi,” katanya. 

Dalam pelatihan tersebut, Mireille mendapatkan ilmu tentang Sains Nalaria Realistik. “Metode ini sangat bermanfaat buat kita sebagai pengajar untuk menggali daya pikir siswa agar bisa berpikir secara nalar dalam memecahkan soal. Sehingga siswa dapat terlatih untuk berpikir secara runut dalam segala bentuk permasalahan,” ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement