Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

4 Tempat yang Perlu Dihindari Agar tak Tertular Covid-19

Sabtu 09 Jan 2021 02:20 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Dwi Murdaningsih

Orang-orang berolahraga dikelilingi oleh lembaran plastik untuk memastikan jarak sosial di gym Inspire South Bay Fitness di tengah pandemi coronavirus di Redondo Beach, California, Senin (22/6). Aktivitas ekonomi di Los Angles kembali dibuka meski terjadi lonjakan kasus infeksi virus.

Orang-orang berolahraga dikelilingi oleh lembaran plastik untuk memastikan jarak sosial di gym Inspire South Bay Fitness di tengah pandemi coronavirus di Redondo Beach, California, Senin (22/6). Aktivitas ekonomi di Los Angles kembali dibuka meski terjadi lonjakan kasus infeksi virus.

Foto: EPA-EFE / ETIENNE LAURENT
Gym menjadi salah satu tempat yang perlu dihindari untuk mencegah tertular covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar penyakit menular terkemuka di Amerika Serikat Dr. Anthony Fauci beberapa pekan lalu memperingatkan bahwa Januari akan menjadi bulan terburuk dari situasi pandemi Covid-19 di Amerika Serikat. Pendapat Fauci yang digaungkan oleh banyak ahli kesehatan terkemuka, didasarkan pada fakta bahwa jutaan orang Amerika berencana untuk melakukan perjalanan selama liburan Thanksgiving, Natal, dan malam tahun baru.

Fauci beberapa waktu terakhir telah menekankan berkali-kali bahwa orang yang ingin tetap aman harus menghindari bepergian ke empat tempat. Pertama, Fauci mengimbau orang-orang untuk menghindari nongkrong di bar. Terlebih, Fauci percaya akan lebih baik jika bar tetap ditutup untuk sementara waktu.

Selain bar, Fauci juga mendesak orang untuk menghindari pergi ke restoran. Dia menuturkan, makan di luar ruangan tidak memungkinkan di sejumlah tempat. Sedangkan makan di dalam ruangan bisa sangat berisiko karena ventilasi yang buruk.

“Kami perlu memberi perhatian lebih sekarang pada resirkulasi udara di dalam ruangan. Bahwa mengenakan masker di dalam ruangan ketika Anda berada dalam situasi seperti itu adalah sesuatu yang penting, seperti Anda mengenakan masker saat berada di luar berurusan dengan individu yang Anda tidak tahu dari mana mereka berasal atau siapa mereka,” kata dia.

Fauci juga menyarankan orang-orang untuk menghindari pergi ke gym. Meskipun banyak gym telah menerapkan langkah-langkah keamanan, menurutnya, itu tidak sepenuhnya merupakan aktivitas bebas risiko Covid-19.

Health.com pada September 2020 lalu melaporkan, menurut laporan CDC, 7,8 persen orang yang dites positif telah ke gym dalam dua minggu terakhir. Fauci menjelaskan, orang cenderung bernapas dengan berat di gym, membuang lebih banyak tetesan yang berpotensi terkontaminasi ke dalam ruang tertutup tanpa penyaringan udara luar. Selain itu, peralatan gym digunakan bersama, dan permukaan komunal dapat menampung kuman.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sports Health awal tahun ini, para peneliti menemukan bakteri yang resistan terhadap obat, virus flu, dan patogen lain pada sekitar 25 persen permukaan yang diuji di empat fasilitas pelatihan atletik yang berbeda.

Terakhir, Fauci menyarankan orang-orang menghindari perjalanan yang tidak perlu jika memungkinkan. Lonjakan infeksi baru yang sedang berlangsung menunjukkan bahwa peringatan diperlukan. Terutama dengan kelelahan menghadapi pandemi yang sekarang menjadi masalah serius, penting untuk diingat betapa urgennya mengikuti pedoman keselamatan dasar untuk mencegah wabah tambahan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA