Jumat 08 Jan 2021 21:06 WIB

Eks Imam Masjid Houston Pimpin Masjid Al-Ikhlash Jatipadang

Ustaz Furqan adalah dai Alquran berlatar sains

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Al-Ikhlash Jatipadang (MIJ) menggelar Musyawarah Paripurna Pengurus MIJ di Aula MIJ melalui komunikasi daring dan luring pada 27 Desember lalu. Dalam musyawarah ini, para pengurus memilih Ustaz Ir Muhammad Furqan Alfaruqiy sebagai Ketua Umum MIJ Periode 2021-2025. 

Dalam sambutannya, Dr Ir H Ahmad Dimiyati selaku ketua bidang Yayasan Mujahidin Pegawai Pertama (YMPP) menyambut baik terpilihnya Ustaz Furqan sebagai ketua umum terpilih. “Apalagi dengan melihat jejak rekam beliau selama ini,”ujar Dimiyati lewat keterangan tertulis dari Kesekretariatan MIJ kepada Republika.co.id, Jumat (8/1). 

Perlu diketahui, Ustaz Furqan adalah dai Al-Qur’an yang juga berlatar belakang sains, yakni lulusan Teknik Fisika ITB Angkatan 86. Setelah berkiprah di bidang dakwah, baik sebagai pengajar talaqqi Al-Qur’an bersanad, pembina lembaga tahfizh Alqur’an, beberapa tampil sebagai penceramah di acara TVOne “Damai Indonesiaku”. Ustaz Furqon juga pernah bertugas sebagai imam masjid Indonesia di Houston Texas, Amerika Serikat, yakni Masjid Istiqlal Houston. Saat ini, yang bersangkutan  juga sedang mengembangkan layanan dakwah Al-Fatihah Center (AFC).  

Dengan terpilihnya Ustaz Furqan, Dimyati berharap, ada suasana inovatif dan dapat mengambil langkah-langkah terobosan untuk kebaikan dan kemajuan MIJ pada masa yang akan datang. Setelah dilakukan upacara serah terima jabatan (sertijab), Ustaz Furqan menyampaikan pidato singkat atas amanah berat yang telah beliau terima. Dia mengutip ayat Alqur’an surah at-Taubah 18 perihal para pemakmur masjid. 

Kata kunci berikutnya yang sangat penting baik manajemen MIJ periode berikutnya adalah (1) niat dan upaya awal yang baik untuk meraih lebih banyak pertolongan Allah SWT, mengingat kondisi Pandemi yang mungkin masih berlangsung panjang; (2) memperkuat kebersamaan pengurus, jamaah dan mitra MIJ lainnya; (3) mempertahankan modal sejarah berupa brand MIJ yang luar biasa; (4) program yang lebih adaptif-inovatif; dan satu hal lagi, yakni (5) mempercepat MIJ menjadi Masjid Era Digital. 

Ustaz Furqan menyampaikan penghargaan dan terima kasih setinggi-tingginya kepada Bapak Ir. H. Budi Suhirman dan tim pengurus MIJ periode sebelumnya, atas prestasi sejarah mereka dalam meletakkan fondasi sistem manajemen MIJ yang solid dan bertaraf internasional. Pada bagian akhir kata sambutannya, dia  kembali menekankan pentingnya selalu dekat dengan pertolongan Allah SWT.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement