Jumat 08 Jan 2021 19:35 WIB

Wagub: Masalah di Jakarta Enggak Cuma Tunawisma

Permasalahan sosial di Ibu Kota tidak hanya terkait tunawisma

Rep: Flori Sidebang/ Red: Esthi Maharani
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Foto: Shabrina Zakaria
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah mengenai tunawisma di DKI Jakarta menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir. Terutama setelah aksi blusukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang menemui para tunawisma di sejumlah wilayah di Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, permasalahan sosial di Ibu Kota tidak hanya terkait tunawisma tetapi ada banyak masalah sosial lainnya yang harus ditangani.

"Masalah sosial itu banyak sekali, enggak cuma tunawisma, ada anak telantar, ada yang mohon maaf, yang karena bencana alam, lansia, banyak sekali," kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (8/1).

Ariza mengungkapkan, ada sekitar 24 masalah sosial yang dihadapi dan harus ditangani oleh Pemprov DKI Jakarta. "Ada 24 yang masuk dalam Pergub yang harus kita atasi terkait masalah sosial. Jadi tunawisma itu hanya satu dari 24 yang harus kita atasi di DKI Jakarta," ujarnya.

Ariza menuturkan, masalah kesejahteraan sosial ini merupakan tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta. Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi masalah tersebut.

"Tentu kami akan pastikan, kami akan upayakan sebaik mungkin, mengatasi, menangani, membantu saudara-saudara kita yang adalah masalah sosial," tutur dia.

Sebelumnya, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melakukan aksi blusukan dan menemui beberapa tunawisma di pedestrian Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta pada Senin (4/1). Aksi tersebut pun menjadi pembicaraan di media sosial dan menuai beragam komentar. Salah satunya yang menarik adalah di Twitter. Warganet justru merasa heran dengan kehadiran tunawisma di kawasan Sudirman-Thamrin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement