Jumat 08 Jan 2021 18:38 WIB

PPG UMM Duduki Peringkat Tiga Nasional

Prodi PPG menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk mahasiswa.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UMM di Malang.
Foto: afifah07.student.umm.ac.id
Kampus UMM di Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Persentase kelulusan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menduduki peringkat tiga pada penyelenggaraan PPG Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Muhammadiyah tingkat nasional. Hal itu tertuang dalam surat yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) tentang hasil Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) 2020.

Pada 2020, tercatat ada dua program yang berjalan. Pertama, PPG dalam jabatan yang dilaksanakan dalam empat angkatan dengan masing-masing angkatan berdurasi empat bulan. Program ini tidak hanya bersumber dari APBN, tapi juga dari APBD.

Total terdapat 648 mahasiswa pada bidang studi PGSD, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan matematika telah mengikuti program PPG dalam jabatan. Selanjutnya, adapula PPG prajabatan mandiri yang dilangsungkan selama satu tahun.

Ketua Prodi PPG UMM, Trisakti Handayani, mengatakan ada beberapa perubahan dalam uji kompetensi tahun ini. Selain diadakan secara daring, ujian ini juga dilakukan dalam dua tahapan, yakni uji kinerja dan uji pengetahuan.

“Ada komponen portofolio dalam pelaksanaan tahun ini. Situasi pandemi juga menyebabkan praktik mengajar dilakukan di sekolah asal masing-masing,” ungkapnya.

Dalam rangka merespons sistem baru ini, Prodi PPG menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk mahasiswa. Pelatihan tersebut berupa pembuatan video pembelajaran, penyusunan bahan ajar, penelitian tindakan kelas (PTK), dan penulisan artikel jurnal.

Prodi PPG juga mendampingi dan memfasilitasi penulisan bunga rampai mahasiswa. Alhasil, sebanyak 22 buku bunga rampai telah terbit dan dikonsumsi publik.

“Itu adalah bentuk komitmen kita dalam mengantarkan para mahasiswa untuk lulus UKMPPG dan secara resmi menjadi guru profesional,” jelas koordinator pelaksana PPG UMM ini.

Di kesempatan yang berbeda, Dekan FKIP UMM, Poncojari Wahyono, mengapresiasi pencapaian yang sudah diperoleh. Sebab, selain menduduki peringkat tiga di antara LPTK Muhammadiyah, PPG UMM juga berhasil meraih peringkat ketujuh dari 61 PTN dan PTS penyelenggara PPG se-Indonesia.

Adapun persentase kelulusan PPG UMM secara nasional adalah 52,84 persen. Angka itu cukup jauh dibandingkan dengan persentase yang diraih oleh UMM. Untuk itu, UMM patut berbangga karena persentase kelulusan peserta PPG UMM di atas angka kelulusan nasional. "Kita menyentuh angka 71,5 persen dalam kelulusan program profesi guru tahun ini,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement