Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Sunday, 4 Jumadil Akhir 1442 / 17 January 2021

Libur Akhir Tahun, Trafik Data Telkomsel Naik Jadi 53,28%

Senin 04 Jan 2021 14:19 WIB

Red: Budi Raharjo

Teknisi jaringan PT Telkomsel melakukan perawatan BTS. (ilustrasi)

Teknisi jaringan PT Telkomsel melakukan perawatan BTS. (ilustrasi)

Foto: ANTARA FOTO
Sedangkan trafik layanan suara menurun 18,23 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Penyedia jasa telekomunikasi, Telkomsel, telah membukukan trafik layanan data internet selama priode Natal 2019 dan tahun baru 2021 naik menjadi 53,28 persen tahun ini. Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, melalui siaran persnya, Senin (4/1), mengatakan berdasarkan data trafik komunikasi sepanjang periode Natal 2020 hingga Tahun Baru 2021, terjadi pertumbuhan layanan data sebesar 13,15 persen.

Bila dibandingkan dengan rata-rata layanan data pada hari normal tahun 2020 hanya 36,61 petabyte. Khusus di Hari Raya Natal, kata dia, terlihat aktivitas masyarakat mengakses layanan data digital mencapai 7,77 persen dibandingkan hari biasa.

Lonjakan trafik komunikasi layanan data di hari Natal 2020 tersebut didorong dengan peningkatan akses layanan digital, yakni melalui akses browsing (pencarian) naik hingga 14,4 persen disusul, layanan streaming video sebesar 9,12 persen.

Selanjutnya layanan media sosial sebesar 7,85 persen, layanan berbasis komunikasi seperti pesan instan dan layanan video konferensi mencapai 6,26 persen, serta layanan aplikasi maupun situs media daring juga mengalami kenaikan sebesar 4,61 persen. Mengenai pertumbuhan tingkat akses terhadap sejumlah layanan digital seperti layanan e-commerce, mencapai 26,55 persen.

Aplikasi berbasis komunikasi mengalami lonjakan hingga 17,58 persen. Begitupun akses pencarian ikut melonjak hingga 17,31 persen. Sementara layanan media sosial juga tumbuh sebesar 14,28 persen.

Kemudian, penggunaan layanan hiburan digital streaming video sebesar 12,22 persen, serta eskalasi aktivitas mobile gaming mencapai 10,79 persen. "Secara keseluruhan, platform media sosial menjadi saluran yang paling sering diakses oleh pelanggan dengan proporsi 30,19 persen dari total jenis layanan berbasis data yang diakses selama momen Natal dan Tahun Baru 2020-2021," sebut Setyanto.

Sementara video dengan proporsi 28,27 persen diikuti komunikasi 19,58 persen, gim, dan e-commerce secara berurutan memiliki proporsi 2,64 persen, dan 1,85 persen. Sedangkan trafik layanan legacy seperti SMS dan suara pada periode 2020-2021 dibandingkan hari biasa menghasilkan trafik SMS sebanyak 612,3 juta pesan singkat atau tumbuh 7,02 persen.

Untuk layanan suara, trafiknya berada di angka 0,914 miliar menit, atau turun sebesar 4,43 persen. Jika dibandingkan dengan periode Natal dan Tahun Baru 2019-2020, trafik layanan SMS mengalami peningkatan 2,87 persen sedangkan trafik layanan suara menurun 18,23 persen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA