Jumat 08 Jan 2021 14:14 WIB

Soal Kehalalan Vaksin Covid, Ini Kata Legislator

Keselamatan jiwa itu harus menjadi prioritas dalam kondisi apapun.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily
Foto: Istimewa
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily mengatakan, kehalalan vaksin Covid-19 juga harus melihat efikasinya. Jika tingkat efikasinya yang dinyatakan Badan Pengawas Obat dan Makanana (BPOM) baik, maka pernyataan halal juga dinilainya akan segera keluar.

"Kalau vaksinnya sudah melalui uji klinis dan dinyatakan tingkat efikasinya jelas, maka kehalalan sudah seharusnya diberikan," ujar Ace lewat keterangan tertulisnya, Jumat (8/1).

Dia berharap, Majelis Ulama Indonesia (MUI) segera mengeluarkan sertifikat halal untuk vaksin Covid-19. Sebab, masyarakat sudah sudah menunggu kehalalan dari "game changer" pandemi Covid-19 ini.

"Dalam prinsip Islam, keselamatan jiwa itu harus menjadi prioritas dalam kondisi apapun, apalagi dalam kondisi darurat," ujar Ace.

Politikus Partai Golkar itu mengutip surat Al-Baqarah ayat 173. "Barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement