Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Harga Emas Antam Kembali Turun Tipis Hari Ini

Jumat 08 Jan 2021 10:25 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya

Seorang pegawai menunjukkan kepingan emas di toko. ilustrasi

Seorang pegawai menunjukkan kepingan emas di toko. ilustrasi

Foto: ANTARA/FB Anggoro
Penurunan harga emas di pasar dalam negeri sejalan dengan kondisi di pasar dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harga emas produksi Antam kembali melanjutkan penurunan pada hari ini, meski tipis. Emas Antam diperdagangan di harga Rp 969.000 per gram pada Jumat (8/1), turun Rp 2.000 dari perdagangan kemarin. Sementara komoditas perak bertahan di harga Rp 13.000 per gram. 

Penurunan harga emas di pasar dalam negeri sejalan dengan kondisi di pasar dunia. Harga emas di perdagangan internasional terus menurun setelah aksi ambil untung menyusul kenaikan harga emas 5 hari berurutan pada sejak akhir pekan lalu. 

Turunnya harga komoditas emas juga didodorong penguatan kurs dolar AS akibat optimisme pasar terhadap kemenangan Demokrat pada pemilihan angota Senat AS. 

Baca Juga

Harga emas perlu bertahan di atas angka psikologis 1.900 dolar AS per troin ons untuk mempertahankan sentimen bullish jangka pendeknya. Angka tersebut sebenarnya sudah ditembus sejak pekan lalu dan berlanjut sampai saat ini meski cukup dinamis. 

Dikutip Reuters, harga emas dunia pada Jumat (9/1) pagi ini dibuka turun menjadi 1.913,91 dolar AS per troi ons. Sementara emas berjangka dijual di harga 1.916,80 dolar AS per troi ons. Harga emas di Indonesia memang banyak dipengaruhi pergerakan harga emas dunia, yang juga mudah terpengaruh sentimen ekonomi.  

Harga emas sendiri telah melonjak 23 persen hanya dalam tahun 2020 saja, sebagai akibat ramainya minat investor menjadikan emas sebagai aset lindung nilai. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA