Jumat 08 Jan 2021 02:54 WIB

Pasien Isolasi Mandiri di Ciamis Masih Banyak Berkeliaran

Saat ini Kabuaten Ciamis masih berstatus zona oranye.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pasien Isolasi Mandiri di Ciamis Masih Banyak Berkeliaran. Ilustrasi Karantina
Foto: MgIT03
Pasien Isolasi Mandiri di Ciamis Masih Banyak Berkeliaran. Ilustrasi Karantina

REPUBLIKA.CO.ID,CIAMIS -- Angka kasus terkonfimasi positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis masih terus mengalami kenaikan setiap harinya. Berdasarkan data terakhir, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis berjumlah 1.229 orang.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, dari total keseluruhan pasien itu, pasien yang masih aktif positif sebanyak 536 orang, sembuh 645 orang, dan 48 orang meninggal dunia. Dari 536 orang yang masih aktif, hanya 58 orang yang dirawat di rumah sakit. “Sementara 478 orang menjalani isolasi mandiri,” kata dia melalui keterangan resmi, Kamis (7/1).

Menurut dia, setelah dilakukan evaluasi, kenaikan jumlah terkonfirmasi positif salah satunya akibat pasien yang melaksanan isolasi mandiri. Ia menyebutkan, terdapat pasien yang menjalani isolasi mandiri tapi tidak disiplin protokol kesehatan dan masih berkeliaran.

"Kejadian itulah yang menjadi perhatian kita semua untuk terus meningkatkan pengawasan terhadap para pasien terkonfirmasi positif yang melaksanakan isolasi mandiri," kata dia.

Herdiat menambahkan, saat ini Kabuaten Ciamis masih berstatus zona oranye (risiko sedang) penyebaran Covid-19. Karena itu, menurut dia, Ciamis tak perlu menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Kendati demikian, pihaknya akan memperketat penerapan protokol kesehatan di lapangan untuk menghentikan penyebaran pandemi Covid-19. Terutama, dalam pengawasan pasien yang menjalani isolasi mandiri agar tidak berkeliaran. “Bahkan sampai tingkat desa untuk ketersedian tempat bagi isolasi mandiri dengan pemantauannya sesuai dengan arahan dari Gubernur," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement