Kamis 07 Jan 2021 07:55 WIB

Satgas Berharap Ibu Berperan Aktif Tingkatkan Prokes

Pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, sering cuci tangan agar tak menulari ibu

 Seorang anak laki-laki memakai masker pelindung saat berjalan melintasi lalu lintas di Jakarta, Rabu (6/1).  Menurut angka terbaru, Indonesia telah mencatat lebih dari tujuh ratus ribu kasus COVID-19 sejak dimulainya pandemi.
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Seorang anak laki-laki memakai masker pelindung saat berjalan melintasi lalu lintas di Jakarta, Rabu (6/1). Menurut angka terbaru, Indonesia telah mencatat lebih dari tujuh ratus ribu kasus COVID-19 sejak dimulainya pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Peran seorang ibu dinilai sangat dominan dalam sebuah keluarga. Oleh karena itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berharap ibu bisa ikut membantu mengingatkan keluarganya untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama pandemi Covid-19.

"Hasil penelitian BKKBN menunjukkan bahwa ibu itu sangat dominan dalam berbagai peran dalam keluarga, misalnya dalam mengambil keputusan, memberikan nasihat, kemudian juga dalam mengasuh anak. Jadi, peran ibu sangat penting," ujar Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi, dalam konferensi virtual BNPB bertema "Ibu Sebagai Pilar Utama Menghadapi Pandemi", Rabu (6/1).

Pesan ibu dipilih sebagai slogan karena menjadi sosok yang dihormati dan diyakini bisa diterima masyarakat. "Pesan ibu adalah usulan Ketua Satuan Tugas Pemanganan Covid-19 Doni Monardo dan dipilih sebagai taglinekarena bisa diterima masyarakat. Pesan ibu dipilih karena ibu adalah orang yang sangat kita hormati," kata dia.

Ia menggarisbawahi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama masa pandemi, yaitu semua pihak memiliki risiko untuk tertular. Seorang ibu, kata dia, berperan untuk mengingatkan bahwa selama pandemi masih ada, kepatuhan terhadap memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun adalah vaksin yang terbaik.

"Ibu juga yang mengingatkan kalau kamu sayang dengan keluarga, hati-hati ketika keluar. Pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, sering cuci tangan supaya tidak menulari ibu atau menulari anggota keluarga yang lain," katanya. rr laeny sulistyawati ed: ilham tirta

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement