Kamis 07 Jan 2021 11:31 WIB

Warga Palembang Diimbau Jaga Kebersihan Sungai Musi

Selain berfungsi sebagai sumber air warga kota, juga dapat mencegah terjadinya banjir

Jembatan Ampera membentang di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Jembatan Ampera membentang di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengajak warga setempat menjaga kebersihan Sungai Musi agar airnya bisa selalu digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

"Untuk menjaga kebersihan sungai, warga diajak melakukan kegiatan gotong royong membersihkan sungai dan anak Sungai Musi yang ada di sekitar kawasan permukiman penduduk," kata Sekda Kota Palembang Ratu Dewa.

Dia menjelaskan kebersihan sungai perlu selalu dijaga bersama, selain berfungsi sebagai sumber air warga kota juga dapat mencegah terjadinya banjir pada musim hujan. Jika sungai dan anak-anak Sungai Musi yang ada di sekitar kawasan permukiman penduduk kotor dan dipenuhi sampah, kata dia, hal tersebut dapat menghambat aliran air yang bisa mengakibatkan banjir.

Dia menjelaskan kegiatan gotong royong yang telah dilakukan jajaran Pemkot Palembang bersama warga pada setiap akhir pekan dalam beberapa tahun terakhir, diupayakan lebih gencar lagi.

 

Melalui gotong royong, katanya, semua pekerjaan bisa dilakukan dengan ringan dan permasalahan sampah yang mengotori sungai, lingkungan tempat tinggal, perkantoran dan tempat lainnya, serta menyumbat saluran air dapat diatasi dengan baik.

Kegiatan gotong royong yang digerakkan jajaran Pemkot Palembang dalam beberapa tahun terakhir sifatnya memotivasi warga kota setempat untuk peduli terhadap lingkungan dengan membersihkan saluran air dan sungai dari rumput liar dan sampah.

Dengan gotong-royong, saluran air dan sungai kawasan permukiman penduduk yang selama ini dipenuhi sampah serta ditumbuhi rumput liar menjadi bersih sehingga bau kurang enak dan genangan air saat hujan lebat turun dapat diatasi.

Melihat besarnya manfaat kegiatan tersebut, pihaknya mengajak seluruh warga kota pada 2021 lebih menggalakkan kegiatan itu meskipun tanpa didampingi pihak kelurahan dan jajaran Pemkot Palembang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement