Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Begini Cara Terbaik Biar Lancar Ikut Ujian IELTS

Kamis 07 Jan 2021 07:07 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Ketelitian merupakan salah satu kunci utama dalam mengikuti IELTS.

IELTS adalah singkatan dari The International English Language Testing System. Bagi Anda yang berminat untuk sekolah atau berkarier di luar negeri, mengikuti tes menyimak, membaca, menulis dan berbicara ini adalah sebuah kewajiban.

Beberapa negara seperti Inggris, Australia, dan Selandia Baru, mewajibkan Anda untuk melalui tes yang satu ini. Jangan salah, jika Anda gagal saat melakukannya, tentu saja impian untuk berangkat ke luar negeri bisa sirna.

tes bahasa inggris 

Maklum, tes ini memang bisa hadir dalam berbagai dialek atau logat Inggris yang berbeda. Dan bagi yang tidak terbiasa, bisa jadi ini agak menyulitkan. Meski begitu, ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan agar dapat melampaui ujian ini dengan baik.

Bagaimana cara agar Anda dapat mengikuti dan meraih hasil yang memuaskan? Cobalah beberapa tips berikut.

 

1. Membiasakan Diri

Seperti yang telah disinggung di atas, tes ini bisa hadir dalam beberapa logat. Terutama, dari tiga negara yang disebut di atas. Oleh karena itu, Anda perlu membiasakan diri untuk mendengar dialek-dialek ini. Lalu, bagaimana caranya?

Jika Anda memiliki kawan yang berasal baik dari Inggris, Australia dan New Zealand, cobalah untuk lebih sering berkomunikasi dengan mereka. Meskipun bahasa Inggris British disebut sebagai bahasa Inggris paling sempurna, kadang masih saja ada kata-kata yang kurang familiar di telinga.

Bagaimana jika tidak memiliki kawan yang berasal dari sana? Anda bisa coba membiasakan diri dengan logat-logat ini dengan menyaksikan film. Jangan lupa, setelan subtitle-nya diganti dalam bahasa Inggris. Dan perlu diingat, dialek bahasa Inggris Amerika Serikat dengan negara-negara tersebut berbeda.

Jadi, Anda bisa menyaksikan film-film asal Inggris. Beberapa film yang direkomendasikan untuk mempelajari dialek Inggris diantaranya: The Theory of Everything, About Time, Mary Poppins, The Italian job, The Queen dan Notting Hill.

Perlu diperhatikan juga, Skotlandia dan Irlandia memiliki logat khas mereka sendiri. Contohnya yang ditampilkan dalam film seri Game of Thrones. Sehingga, alangkah lebih baiknya Anda memilih film atau tayangan TV juga podcast yang tepat jika memang ingin melatih kebiasaan berbahasa Inggris.

Baca Juga: Ini 7 Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris yang Sering Dilakukan 

2. Teliti

Ketelitian merupakan salah satu kunci utama dalam mengikuti IELTS. Yang perlu Anda lakukan adalah, pahami benar apa yang diinstruksikan sebelum menjawab pertanyaan. 

Sebab, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan baik-baik. Semisal dalam listening test Anda akan diminta untuk menjawab tidak lebih dari dua kata saja. Sementara dalam writing test Anda perlu memperhatikan jumlah kata yang harus dituliskan pada setiap tugas. 

Kurangnya ketelitian dalam mengikuti instruksi seringkali menjadi salah satu faktor kegagalan saat mengikuti IELTS.

Agar dapat lebih memahami lagi tentang tes ini, Anda dapat membeli buku IELTS. Persiapkan dari jauh hari, sehingga Anda dapat mengerti dan paham benar tentang tes Bahasa Inggris ini secara keseluruhan. 

Selain itu dengan memiliki bukunya Anda juga dapat melatih speaking, writing, listening, dan reading. Dan saat dihadapkan pada hari untuk melakukan tes, Anda telah siap.

3. Berlatih

Sebenarnya, apa yang sudah kami paparkan termasuk dalam melatih diri untuk mengikuti tes ini. Tapi, alangkah lebih baiknya berlatih untuk tesnya itu sendiri.

Dikutip dari British Council, waktu yang dibutuhkan untuk mengikuti listening test adalah 40 menit. Oleh karena itu, cobalah untuk menyesuaikan diri dengan batas waktu ini.

Selain itu, kenali juga kelemahan dan kelebihan Anda. Jika memang kekurangan Anda adalah listening, lakukan latihan untuk tes ini dengan lebih giat. Begitu pula jika reading yang menjadi kelemahan. Asahlah kemampuan reading Anda terus-menerus.

Selain berlatih sendirian, alangkah lebih baiknya jika Anda dapat menemukan seorang partner. Terutama, untuk mendukung speaking test. Tidak perlu mereka yang berasal dari luar negeri. Cukup yang telah mahir, atau mungkin pernah sukses mengikuti tes ini.

Selain berlatih, Anda juga bisa mendapatkan tips dan trik dalam mengikuti IELTS dari kawan Anda tersebut.

4. Mengerjakan Tes

Mungkin Anda sudah mempersiapkan diri dengan cukup. Selain persiapan dan berlatih, diperlukan strategi untuk mengerjakan IELTS.

Salah satunya adalah, jangan sampai saat Anda menemukan kesulitan dalam satu pertanyaan, Anda terus memikirkannya. Jika memang ada pertanyaan yang terlalu sulit atau dalam kata lain, tidak dapat Anda kerjakan, langsung saja melangkah ke soal berikut.

Jangan panik. Kembali ke tips nomer 2 di atas. Baca dengan baik, pahami dengan benar instruksinya. Karena kemungkinan, sebenarnya Anda tahu jawabannya. Hanya saja, kekalutan yang melanda membuat Anda tidak fokus.

Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan adalah, skimming. Atau teknik membaca dengan cepat. Karena tentu saja tes ini memiliki batas waktu. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan poin-poin yang penting saat Anda harus membaca tugas yang dihadapi.

Baca Juga: Coba Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Ini! Dijamin Kemampuan Berbahasa Anda akan Meningkat

Jangan Sampai Drop

Kadang ada mereka yang merasa rendah diri ketika tidak berhasil menjalani IETS. Apalagi saat menemukan bahwa ternyata, banyak kata-kata yang Anda belum mengerti atau masih terdengar asing. Tidak perlu kecewa dengan diri Anda sendiri.

Tenang, tidak ada hubungannya dengan kecerdasaan. Yang Anda butuhkan hanyalah kembali belajar dan terus berlatih. Oleh karena itu, jika Anda memang mengejar pendidikan atau karir, lakukan persiapan yang cukup. Agar cita-cita tersebut dapat terpenuhi.

Baca Juga: Tempat Kursus Online Ini Bisa Meningkatkan Skill Bahasa Inggris dan Karir Kamu

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA