Rabu 06 Jan 2021 20:53 WIB

Jembatan Musi VI Palembang Mulai Dilintasi Kendaraan

Akses dari dan menuju jembatan itu masih harus diperluas.

Foto aerial jembatan Musi VI Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (30/12/2020). Jembatan musi VI yang memiliki panjang 925 meter dan dihiasi 1.527 lampu tersebut diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Foto aerial jembatan Musi VI Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (30/12/2020). Jembatan musi VI yang memiliki panjang 925 meter dan dihiasi 1.527 lampu tersebut diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

IHRAM.CO.ID,PALEMBANG -- Jembatan Musi VI sepanjang 925 meter yang menghubungkan Kelurahan 32 Ilir dan Kelurahan 3-4 Ulu di Kota Palembang mulai dilintasi kendaraan setelah diresmikan oleh Gubernur Sumsel pada 30 Desember 2020.

Pemprov Sumsel membuka Jembatan Musi VI pada Rabu sore (6/1), ratusan masyarakat langsung melintasi jembatan dengan berjalan kaki, bersepeda, sepeda motor maupun mobil pribadi yang diatur ketat personil Dishub-polisi.

"Untuk kendaraan tonase berat belum boleh melintas," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel Darma Budhi saat meninjau operasional Jembatan Musi VI.

Tingginya antusias warga memaksa personil kepolisian harus berkali-kali patroli guna membubarkan pengendara yang berhenti di atas jembatan untuk berswafoto karena menimbulkan kemacetan, selain itu agar tidak menimbulkan kerumunan.

 

Sementara meski proses pengerjaan jembatan berbiaya Rp548 miliar itu sudah selesai, namun menurutnya akses dari dan menuju jembatan itu masih harus diperluas agar terhubung dengan jalan raya di Seberang Ilir serta Seberang Ulu.

Dari pangkal Jembatan Musi VI sisi Seberang Ulu, akses jalan akan ditembuskan sejauh 700 meter lagi ke Jalan Lintas Sumatera dan saat ini telah dilakukan penimbunan sepanjang 400 meter.

Sedangkan dari pangkal sisi Seberang Ilir akses telah terhubung ke Jalan Sultan Mohammad Mansyur, namun badan jalan dinilai terlalu sempit sehingga akan dilebarkan lagi empat meter ke kiri dan kanan jalan sepanjang 2,3 kilometer sampai terhubung ke Jalan Demang Lebar Daun.

Selain membangun struktur jembatan berbentuk busur, PUPR Bina Marga Sumsel juga menambahkan permainan lampu warna-warni yang akan mempercantik jembatan pada malam hari, namun Darma Budhi menyebut lampu warna-warni hanya dinyalakan setiap akhir pekan.

"Senin sampai Jumat kami hidupkan lampu pijar, Sabtu dan Minggu baru lampu warna-warni dari pukul 20.00 - 01.00 WIB," kata dia.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Sumsel Nelson Firdaus mengatakan Dishub bersama Satlantas Polrestabes Palembang akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di kedua ujung jembatan selama sepekan ke depan.

"Kami perlu mengevaluasi di mana saja titik-titik kemacetan untuk dipasang rambu-rambu serta mengatur arus yang tepat dari dan menuju Jembatan Musi VI," ujarnya.

Jembatan Musi VI memiliki panjang total 925 meter, lebar 11,5 meter dengan dua ruas jalan dan trotoar selebar 1,5 meter, serta tinggi terhadap permukaan air Sungai Musi 13 meter dan kapasitas muatan sumbu 8 ton.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement