Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

FA Biasa Saja Terkait Sindiran Penalti yang Diucapkan Klopp

Rabu 06 Jan 2021 20:45 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 Reaksi manajer Liverpool Juergen Klopp sebelum pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Southampton dan Liverpool di Southampton, Inggris, 04 Januari 2021

Reaksi manajer Liverpool Juergen Klopp sebelum pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Southampton dan Liverpool di Southampton, Inggris, 04 Januari 2021

Foto: EPA-EFE/Adam Davy
Komentar Klopp tersebut menambah panas jelang pertemuan Liverpool melawan United.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Manajer Liverpool, Jurgen Klopp tidak akan mendapatkan tindakan apapun dari Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) atas kritikannya terhadap wasit Andre Marriner. Klopp memberikan komentar pedas atas kekalahan Liverpool 1-0 atas Southampton pada Senin (4/1).

Dalam kritikan tersebut Klopp turut mempertanyakan alasan Manchester United yang mendapatkan lebih banyak penalti dibandingkan timnya. Sebelumnya, dalam pertandingan Liverpool seharusnya memiliki penalti setelah pemainnya dijegal di dalam kotak. 

Klopp menghitung setidaknya ada dua penalti yang seharusnya diberikan wasit pada babak kedua laga. Yakni ketika tendangan Georginio Wijnaldum mengenai lengan Jack Stephens dan Sadio Mane terjatuh usai pertikaian dengan Kyle Walker-Peters.

"Anak ini (Mane) mencoba untuk tetap berdiri dengan semua yang dia miliki. Dalam situasi ini di tim lain akan mendapatkan penalti untuk itu, izinkan saya mengatakan seperti ini. Lalu soal handball tidak tahu siapa yang akan menjelaskannya padaku," kata Klopp dilansir dari laman Manchester Evening News, kala itu.

Klopp kemudian kembali berkomentar dengan membawa nama Manchester United dan menyebut jumlah penalti Manchester United selama dua musim jauh dari apa yang didapat Liverpool selama 5,5 tahun kepemimpinannya. 

"Saya bertanya ke wasit keempat dan bertanya apakah itu akan diperiksa, dia mengatakan itu sudah terjadi dan bukan pelanggaran. Itu 100 persen benar dan sekarang seseorang ingin memberi tahu saya seberapa cepat mereka melakukannya dalam semua sudut yang berbeda ini," kata Klopp.

Dia membela Sadio Mane yang tidak mungkin melakukan diving. Dia pun tidak mengerti kenapa ketidakadilan itu terjadi pada timnya.

Komentar tersebut pun menjadi ramai dan sempat dibalas oleh Ole Gunnar Solskjaer. Namun FA turun tangan dan memastikan tidak akan memberikan sanksi karena komentar tersebut adalah atas kinerja wasit, bukan karena bersifat pribadi.

"Asalkan komentar tidak bersifat pribadi, menyiratkan bias atau menyerang integritas ofisial yang bertanggung jawab atas pertandingan atau dalam hal lain yang membawa permainan menjadi buruk," tulis pernyataan FA.

Komentar Klopp tersebut menambah panas jelang pertemuan Liverpool melawan Manchester United pada 17 Januari nanti. Jika Manchester United menang dalam pertandingan sebelumnya melawan Burnley pada Selasa (12/1) depan, Manchester United akan berada di puncak klasemen.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA