Rabu 06 Jan 2021 20:22 WIB

DPRD Usulkan Sultan Jadi yang Pertama Divaksin Covid di DIY

DPRD usulkan Sultan HB X jadi orang pertama divaksin covid di DIY

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Bayu Hermawan
Vaksin COVID-19 Sinovac (ilustrasi)
Foto: Antara/Rony Muharrman
Vaksin COVID-19 Sinovac (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengusulkan agar Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk menjadi orang yang pertama divaksin Covid-19 di wilayah DIY. Rencananya, vaksinasi Covid-19 di DIY akan dilakukan pada 14 Januari 2021 nanti.

"Kita akan mendorong orang nomor satu di DIY (Sultan) untuk divaksin terlebih dahulu pertama kali," kata Ketua DPRD DIY, Nuryadi.

Baca Juga

Menurutnya, hal ini dilakukan agar masyarakat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap keamanan vaksin Sinovac. Vaksin ini sendiri sudah datang ke DIY pada 5 Januari 2020 yang lebih dari 25 ribu dosis vaksin.

Begitu pun dengan pemangku kepentingan lainnya di DIY yang juga diminta untuk divaksinasi terlebih dahulu. Pada tahap pertama vaksinasi di DIY sendiri diprioritaskan bagi tenaga kesehatan.

"Saya harap jajaran Forkopimda bisa jadi orang pertama yang menerima vaksin di DIY, agar kekhawatiran masyarakat di DIY tidak ada. Pemangku kebijakan jadi yang pertama (divaksin)," ujarnya.

Diharapkan, melalui langkah tersebut masyarakat dapat memahami terkait vaksinasi Covid-19. Nuryadi menyebut, pihaknya juga akan mengundang stakeholder di bidang kesehatan seperti Dinas Kesehatan DIY dan BPOM untuk menyampaikan informasi terkait vaksin Sinovac ini.

"Kami hanya mengimbau agar langkah pimpinan pusat juga bisa dilaksanakan di daerah. Diharapkan agar vaksin ini bisa dipahami dan memberikan harapan kepada rakyat dalam melawan Covid-19," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement