Rabu 06 Jan 2021 18:58 WIB

Menlu Retno: RI akan Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

Menlu Retno berharap situasi kondusif dapat berlangsung pada 2021.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Menlu Retno Marsudi.
Foto: Dok. Kemenlu
Menlu Retno Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia menekankan komitmennya terhadap isu Palestina pada 2021. Posisi Indonesia untuk Palestina tidak akan berubah yakni prinsip solusi dua negara dan situasi yang aman.

"Mengenai isu Palestina, Indonesia mengharapkan situasi kondusif akan tercipta mulai 2021," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menlu 2021 secara virtual, Rabu (6/1).

Baca Juga

Menlu Retno menekankan perlunya komitmen semua pihak agar dialog konstruktif dan perundingan langsung dapat terjadi. Perudingan dengan tetap memperhatikan hukum internasional. "Resolusi Dewan Keamanan PBB terkait dan parameter internasional yang telah disepakati harus diperhatikan," ujar Menlu Retno.

"Dukungan terhadap bangsa Palestina untuk meraih kemerdekaannya akan terus dilanjutkan," ujarnya menambahkan.

Di penghujung 2020, media Israel memberitakan peluang dibukanya hubungan diplomatik Israel dan Indonesia. Dalam hal ini pun Menlu Retno menegaskan, bahwa hingga saat ini tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

"Selama panggilan teleponnya dengan Presiden Abbas pada 16 Desember 2020, Presiden Jokowi menegaskan, Indonesia tidak berniat membuka diri hubungan diplomatik dengan Israel," ujar Menlu Retno.

Sebelumnya, Indonesia dan Oman berada di pusaran spekulasi melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel. Media Israel terus mengaitkan dua negara itu sebagai salah satu yang akan memperbaiki hubungannya dengan Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement