Rabu 06 Jan 2021 17:59 WIB

Prajurit Siliwangi Bangun Kembali Jembatan Gantung Cikaso

Jembatan gantung yang melintasi Sungai Cikaso itu sempat putus setelah diterjang banj

Rep: Djoko Suceno/ Red: Agus Yulianto
Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat meresmikan jembatan gantung yang dibangun prajurit Siliwangi
Foto: pendam siliwangi
Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat meresmikan jembatan gantung yang dibangun prajurit Siliwangi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Warga Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, menyambut gembira setelah jembatan gantung yang menghubungkan dua desa kembali berfungsi. Jembatan gantung yang melintasi Sungai Cikaso itu sempat putus  setelah diterjang banjir pada Oktober 2020 lalu. ‘Jembatan Gantung Simpay Asih’  demikian nama jembatan tersebut, diresmikan penggunannya oleh Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Rabu (6/1).

Dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Mayjen TNI Nugroho, berharap, dengan diresmikannya jembatan ini bisa membantu aktivitas masyarakat di wilayah tersebut. "Kepada warga masyarakat, terutama warga Desa Depok dan Desa Paas Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut, saya titipkan ‘Jembatan Gantung Simpay Asih’ agar dimanfaatkan sebaik mungkin serta juga dirawat dan dipelihara agar tetap kokoh berdiri dan berfungsi sebagaimana mestinya,” kata dia.

Pangdam yakin bahwa jembatan gantung keberadaannya sangat penting dan strategis bukan hanya sebatas sebagai sarana akses penghubung antara wilayah. Dia mengatakan, jembatan ini berpengaruh besar terhadap aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat.

"Juga berfungsi sebagai stabilitas pertahanan wilayah, khususnya warga masyarakat yang berada di Desa Depok dan Desa Paas dan sekitarnya," ujar dia.

Dikatakan Pangdam, dengan berfungsinya kembali jembatan ini  diharapkan mampu memberikan inspirasi serta motivasi kepada warga masyarakat untuk meraih kehidupan dan kesejahteraan yang lebih baik. Selain itu, kata dia, juga menjadi model bentuk kepedulian sosial yang solutif dalam membantu menyelesaikan kesulitan warga masyarakat di daerah terpencil.

“Untuk itu, saya sangat memberikan apresiasi kepada Yayasan Budha Tzu Chi yang memiliki komitmen untuk membantu warga masyarakat dengan berbagai program dan aksi kepeduliannya yang satu diantaranya adalah membangun jembatan ini," tutur dia.

Selain kepada Yayasan Budha Tzu Chi, Pangdam juga menyampaikan terimakasihnya kepada Satgas Kodim 0611/Garut dan Vertical Rescue Indonesia. "Serta kepada semua pihak yang telah berinisiatif dan bekerja sama dalam membangun Jembatan Gantung Simpay Asih, sehingga mulai hari ini bisa digunakan," imbuh dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement