Rabu 06 Jan 2021 17:54 WIB

Situasi Wabah Covid-19 Juventus Berbeda dengan Napoli

Laga Milan vs Juve tidak dibatalkan seperti saat Napoli vs Juve.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pelatih Juventus Andrea Pirlo
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Pelatih Juventus Andrea Pirlo

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Situasi Covid-19 yang saat ini menimpa Juventus, menurut kepatuhan terhadap protokol kesehatan, sangat berbeda dengan yang muncul di Napoli pada bulan Oktober 2020. Demikian dinukil dari Football Italia, Rabu (6/1).

Alex Sandro dan Juan Cuadrado sama-sama dinyatakan positif selama 24 jam terakhir, jadi skuad masih berada dalam gelembungnya di J Hotel di Turin untuk malam ini WIB. Adapun dini hari nanti WIB, tim akan melakukan perjalanan ke Milan untuk pertandingan melawan pemimpin Serie A.

Hal ini menimbulkan perbandingan dengan situasi yang membuat Napoli tidak melakukan perjalanan ke Turin untuk pertandingan mereka dengan Juventus pada 4 Oktober.

Mereka juga memiliki dua pemain yang dinyatakan positif dalam waktu 24 jam - Eljif Elmas dan Piotr Zielinski - tetapi ada beberapa perbedaan mendasar.

Napoli membatalkan penerbangan mereka ke Turin lebih dari 24 jam sebelum pertandingan dimulai dan tidak mengatur perjalanan pengganti untuk hari berikutnya.

Itu akan diizinkan berdasarkan protokol Serie A, seolah-olah pemain memberikan tes negatif pada hari yang sama dengan pertandingan, mereka diberi izin untuk berpartisipasi.

Juventus menunggu sampai pemeriksaan besok pagi untuk memutuskan siapa yang dapat melakukan perjalanan ke Milan, sesuai protokol.

ASL Turin telah menyatakan bahwa mereka hanya akan melakukan intervensi jika ada cukup bukti untuk menunjukkan wabah yang tidak terkendali di dalam skuad.

Dengan dua kasus positif, itu tidak dianggap wabah, karena banyak tim telah bermain dengan jumlah pemain yang absen jauh lebih banyak daripada ini.

ASL di Naples, bagaimanapun, melakukan intervensi setelah hanya dua kasus, melebihi protokol Serie A yang ada dan yang telah disepakati sebelumnya.

“Saya minta maaf untuk tim-tim yang memiliki 4-5 kasus Covid-19 dan harus tetap bermain,” kata pelatih Juventus Andrea Pirlo setelah Napoli memenangkan banding ketiga mereka pada insiden Oktober itu.

Liga Serie A khawatir Napoli akan menjadi preseden dengan menarik diri dari pertandingan besar ketika mereka hanya memiliki dua pemain yang absen karena Covid-19.

Napoli memang memiliki satu elemen yang tidak dimiliki Bianconeri, karena mereka baru saja bermain melawan Genoa, yang memang memiliki lebih dari selusin kasus 48 jam kemudian.

Dengan pemikiran tersebut, mereka memiliki keprihatinan yang tulus bahwa lebih banyak pemain Napoli yang akan terinfeksi selama pertandingan. Hal inilah yang membuat laga Juventus melawan Milan tidak dibatalkan hingga saat ini. Berbeda dengan laga Juve vs Napoli yang saat itu batal digelar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement