Rabu 06 Jan 2021 17:34 WIB

Bitcoin Melonjak ke Level Tertinggi Sepanjang Masa

Koin digital ini meningkat empat kali lipat pada tahun 2020.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolandha
Bitcoin.
Foto: Reuters/Benoit Tessier
Bitcoin.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Bitcoin melonjak ke level tertinggi sepanjang masa pada Rabu (6/1), hanya dua hari setelah mencatat penurunan satu hari terbesar sejak Maret. Mata uang kripto terbesar di dunia naik sebanyak 6 persen menjadi 35.842 dolar AS (sekitar Rp 499 ribu), melampaui level tertinggi sebelumnya pada 3 Januari, dan diperdagangkan pada 34.630 dolar AS pada 07.50 di London.

Nilainya telah jatuh sebanyak 17 persen pada hari Senin (4/1). Koin digital ini meningkat empat kali lipat pada tahun 2020.

Berbagai faktor telah disebut-sebut sebagai pendorong kenaikan Bitcoin, menunjukkan betapa sulitnya untuk menentukan penyebab terdekat dari serangan volatilitas terbaru. Beberapa trader menunjuk ke perkiraan harga jangka panjang JPMorgan Chase & Co sebanyak 146 ribu dolar AS. Sementara yang lain mengutip suasana risk-on secara keseluruhan di pasar keuangan global sebagai faktor pendorong kenaikan.

"Pasar bullish yang jelas, dan kami tidak mendapatkan penurunan 30 persen hingga 40 persen seperti pada tahun 2017," kata Vijay Ayyar, kepala pengembangan bisnis dengan pertukaran crypto Luno di Singapura, dilansir di Bloomberg, Rabu (6/1).

Menurut analis, sementara perubahan harga terbaru mungkin mengingatkan pada siklus boom and bust di masa lalu. Kemampuan Bitcoin untuk membalikkan penurunannya begitu cepat minggu ini menunjukkan investor institusional tidak meninggalkan ruang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement